Tilang Manual Ditiadakan Saat Nataru, Kapolri: Kami Akan Tetap Berikan Teguran


Kapolri Listyo Sigit Prabowo (instagram.com/@listyosigitprabowo)

AKTUALITAS.ID – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, kepolisian tidak akan memberlakukan tilang manual saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024. 

Kendati begitu, ia berharap masyarakat dapat tertib berlalu lintas, terutama saat puncak arus mudik dan arus balik.

Diprediksi pada libur Natal dan Tahun Baru kali ini, terjadi dua kali puncak arus mudik, yaitu menjelang Natal dan menjelang malam Tahun Baru. 

“Untuk sementara kami tidak memberlakukan tilang manual. Namun, harapannya masyarakat betul-betul saling menghormati, menjaga masyarakat lain yang menggunakan jalan sehingga keselamatan antara pengguna jalan semuanya bisa kita jaga,” kata Listyo Sigit di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (11/12/2023).

Kapolri juga menjelaskan bahwa pihak kepolisian bersama TNI dan pemangku kepentingan lain akan menurunkan personel gabungan sebanyak 129.923 personel untuk mengawasi keamanan selama libur.

“Walaupun tilang manual ditiadakan, kami akan memberikan imbauan, teguran, dan peringatan kepada pengendara yang melanggar aturan,” ujar Kapolri.

Dalam menghadapi musim mudik, Kapolri juga mengajak masyarakat untuk melaporkan rencana perjalanan mereka kepada kantor polisi terdekat. Upaya ini diambil sebagai langkah preventif untuk menjaga keamanan rumah yang ditinggal mudik.

“Kami sudah memerintahkan jajaran polisi untuk mencatat dan melakukan patroli di sekitar rumah-rumah yang ditinggal mudik. Jika memungkinkan, masyarakat dapat menitipkan kendaraan atau barang berharga di kantor polisi terdekat untuk mendapatkan bantuan dan pengamanan,” pungkasnya. (IYAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>