Pelaksanaan Debat Capres Cawapres Esok Hari, KPU pastikan Tidak Monoton 


Ilustrasi. Gedung KPU . (Ist)

AKTUALITAS.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan pelaksanaan debat perdana calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Selasa (12/11/2023) besok berlangsung tidak monoton. Ketua KPU Hasyim Asyari mengatakan akan ada interaksi antara pasangan calon (paslon) nomor urut 1 sampai dengan 3.

“Kami pastikan dalam rundown justru kesempatan antar calon berinteraksi lebih banyak. Sebagai gambaran kesempatan pertama panelis menyusun 18 pertanyaan yang dibagi menjadi 6 segmen. Jadi ada tiga pertanyaan masing-masing dalam satu segmen,” ungkap Hasyim di gedung KPU, Menteng, Jakarta Pusat, pada Senin (11/12/2023).

Lebih lanjut ia menjelaskan teknis jalannya debat tersebut. Sebagai contoh salah satu paslon mendapatkan pertanyaan acak dari panelis, yang nanti akan disampaikan kepada lawan.

“Masing-masing peserta debat capres sebelum masuk ke perdebatan akan mengambil pertanyaan secara acak. Itu yang akan disampaikan moderator. Misalnya kesempatan pertama adalah calon A, kemudian calon B dan C akan diberi kesempatan atau tanggapan dari calon A,” terang Hasyim.

Ia melanjutkan bahwa dalam segmen 1, atau sebelum debat akan diawali dengan penyampaian visi-misi paslon. Sementara untuk segmen 2 sampai 5 adalah debat para paslon, dan segmen akhir diisi dengan pernyataan penutup atau closing statement.

“Sebelum berdebat, di awal akan menyampaikan visi misi dari enam isu tersebut. Dari segmen-segmen yang disediakan untuk kesempatan berinteraksi antar calon lebih banyak, paling akhir sesi ke 6, pernyataan penutup atau closing statement,” pungkas Hasyim.

Ia menegaskan, wacana pihaknya untuk menggelar nonton bareng atau nobar debat perdana Pilpres 2024 dibatalkan. Menurut dia, pembatalan dilakukan lantaran banyak tv nasional yang sudah menyiarkan secara langsung.

“Nonton bareng tidak jadi dilaksanakan, karena semua TV akan menyiarkan secara langsung,” ujar Hasyim.

Diberitakan sebelumnya, wacana tersebut sempat disampaikan sebelumnya oleh Komisioner KPU August Mellasz kepada awak media. Kala itu, dia menyebut nobar bahkan akan dilangsungkan di tiga titik namun hal itu masih dalam kajian sehingga lokasinya belum terpetakan.

“Mungkin diproyeksikan untuk nobar agar konsentrasi massa tidak di Imam Bonjol,” kata dia dalam keterangannya, Sabtu 9 Desember 2024.

Namun August mengatakan bahwa opsi diadakan nobar debat capres-cawapres masih belum final dan akan terus dibahas bersama para pemangku kepentingan.

“Itu sedang kami bicarakan juga, memang sudah ada beberapa proyeksi ya tiga titik lah,” ujar dia. (IYAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>