Pemakaman Lukas Enembe Ditunda Karena Hujan


Warga Papua sambut kedatangan jenazah Lukas Enembe. (ist)

AKTUALITAS.ID – Polisi mengatakan pemakaman mantan Gubernur Papua Lukas Enembe yang sedianya dilakukan pagi ini pukul 10.00 WIT ditunda. Hal ini dikarenakan Koya Tengah dilanda hujan sehingga prosesi pemakaman belum dapat dilakukan.

“Dipastikan pemakaman mantan Gubernur Papua tetap akan dilaksanakan pada hari ini, Jumat,” ujar Kapolresta Jayapura Kota Kombes Mackbon, Jumat (29/12/2023).

Ia menjelaskan bahwa pemakaman yang sebelumnya dijadwalkan sekitar pukul 09.00 WIT tertunda karena cuaca yang tidak mendukung. Hujan yang masih turun di kawasan Koya Tengah pada Jumat pagi membuat keluarga memutuskan menunda prosesi pemakaman.

Hingga pukul 10.00 WIT, belum diketahui secara pasti kapan pemakaman akan dilaksanakan, dan aparat gabungan TNI-Polri tetap siaga, ungkap Kombes Mackbon.

Ia menambahkan, nantinya sebanyak 1.500 personel akan dikerahkan untuk mengamankan prosesi pemakaman mantan Gubernur Papua Lukas Enembe.

“Saat ini anggota TNI-Polri sudah bersiaga di sejumlah titik di sekitar Koya Tengah mengingat jenazah akan dimakamkan di kediamannya di Koya Tengah, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura,” katanya.

Sebelumnya, mantan Gubernur Papua Lukas Enembe meninggal pada tanggal 26 Desember lalu di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta. Jenazahnya tiba di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, pada Kamis (28/12/2023).

Sempat terjadi kericuhan saat pengiringan jenazah Lukas Enembe di Sentani. Sebanyak 4 orang terluka dan 25 ruko dibakar pada kericuhan. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>