Sebanyak 8.152 Personel Amankan 45.875 TPS pada Pemilu 2024 di Wilayah Sumut 


Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara menyiapkan personel dalam pengamanan Pemilu 2024. (Polda Sumut)

AKTUALITAS ID – Polda Sumatera Utara (Sumut) menyiapkan 8.152 personel untuk mengamankan  tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu 2024. 

Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan personel tersebut akan bertugas mengamankan 45.875 TPS yang tersebar di wilayah Sumut.

Hadi menjelaskan bahwa personel yang ditempatkan di setiap TPS akan melakukan pengamanan untuk memastikan kelancaran dan keamanan proses pemilu.

“Selain itu, kami juga mendapatkan bantuan dari perlindungan masyarakat (Linmas) yang akan turut serta dalam pengamanan TPS dengan jumlah personel mencapai 102.870 pada hari pemungutan suara,” kata Hadi di Medan, Kamis (8/2/2024).

Untuk memastikan kelancaran pemungutan suara, Hadi menyebut bahwa Polda Sumut telah menyiapkan 12.882 personel untuk tahap pemungutan suara Pemilu 2024 di wilayah tersebut.

Dia juga menyebut adanya pergeseran pasukan di bawah kendali operasi (BKO) untuk mengamankan TPS dan wilayah polres jajaran se-Sumut.

“Sebanyak 1.162 personel dari Sabhara dan 1.000 personel dari Brimob akan memberikan bantuan dalam pengamanan. Selain itu, H-3 menjelang pemungutan suara, personel akan bergeser ke TPS masing-masing,” tambah Hadi.

Dia menegaskan bahwa Polda Sumut siap untuk mengamankan proses pemungutan suara guna mewujudkan Pemilu 2024 yang aman dan damai.

Sebelumnya, Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Mochammad Hasan juga menyatakan bahwa sebanyak 15.000 prajurit TNI gabungan AD, AL, dan AU akan turut serta dalam pengamanan Pemilu 2024 di wilayah komandonya, meliputi Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>