Palestina Kecam Pemasangan Penghalang Besi oleh Israel di Masjid Al-Aqsa


Tentara Israel berjaga-jaga di dekat Masjid Kubbah Shakhrah di Kompleks Masjid Al-Aqsha. (AFP)

AKTUALITAS.ID – Kementerian Luar Negeri Palestina pada Kamis menyatakan kecaman kerasnya terhadap langkah Israel memasang penghalang besi di tiga gerbang masuk menuju Masjid Al-Aqsa, di Yerusalem Timur yang diduduki. 

Menurut kementerian, tindakan ini merupakan upaya Israel untuk mengubah realitas sejarah, hukum, dan politik di salah satu situs suci paling penting bagi umat Islam.

Dalam sebuah pernyataan, kementerian tersebut menggambarkan pemasangan penghalang besi sebagai pelanggaran yang mencolok terhadap hukum internasional, menyoroti bagaimana Israel, sebagai kekuatan pendudukan, terus melakukan tindakan terhadap tempat ibadah. 

Kementerian menyerukan kepada masyarakat internasional untuk segera bertindak guna menghentikan pelanggaran Israel terhadap Yerusalem dan tempat suci bagi umat Kristen dan Muslim.

Kelompok Palestina, Hamas, juga mengecam keras langkah Israel tersebut, menyebutnya sebagai “usaha keji” yang bertujuan untuk mencegah jamaah mencapai Masjid Al-Aqsa selama bulan Ramadhan.

Polisi Israel, di sisi lain, mengklaim telah memperkuat personelnya di gerbang-gerbang menuju Masjid Al-Aqsa, namun membantah tuduhan tentang pemasangan penghalang di depan jamaah. Ini terjadi di tengah ketegangan yang meningkat di wilayah Tepi Barat yang diduduki, menyusul serangan berkelanjutan Tel Aviv di Jalur Gaza, sebagai respons terhadap serangan Hamas, yang telah menewaskan lebih dari 31.000 jiwa sejak Oktober tahun lalu.

Masjid Al-Aqsa, yang berada di Yerusalem Timur yang diduduki oleh Israel sejak Perang Arab-Israel tahun 1967, adalah situs tersuci ketiga di dunia bagi umat Islam. 

Sementara itu, orang-orang Yahudi menyebut kawasan tersebut sebagai Bukit Bait Suci, mengklaim sebagai situs dua kuil Yahudi di zaman kuno.Israel mencaplok Yerusalem Timur pada tahun 1980, sebuah tindakan yang tidak diakui oleh komunitas internasional hingga saat ini. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>