Ledakan Gudang Amunisi Kodam Jaya: 160 Ribu Amunisi dan Bahan Peledak Kedaluwarsa Terbakar


Detik-detik ledakan dahsyat di lokasi kebakaran gudang amunisi milik TNI di perbatasan wilayah Kabupaten Bogor dengan Kota Bekasi, Sabtu petang. (Foto: Tangkapan layar/ TNI)

AKTUALITAS.ID – Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan mengonfirmasi kejadian ledakan dan kebakaran yang terjadi di Gudang Amunisi Daerah (Gudmurah) Kodam Jaya di Ciangsana, Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu petang (30/3/2024). Menurutnya, terdapat sekitar 160.000 amunisi dan bahan peledak yang tersimpan dalam gudang nomor 6 yang terbakar.

“Gudang amunisi nomor 6 itu berisi amunisi-amunisi yang sudah kedaluwarsa dan (hasil) pengembalian dari berbagai satuan yang dilayani oleh Kodam Jaya di seluruh wilayah Jakarta,” ujar Mohamad Hasan saat jumpa pers di dekat lokasi ledakan.

Kejadian ini melibatkan 15 gudang yang meledak dan terbakar di Kompleks Gudmurah Kodam Jaya, di mana gudang nomor 6 menjadi salah satu yang terdampak. Meskipun suara dentuman masih terdengar pada pukul 23.00-00.30 WIB, intensitasnya sudah berkurang, dan api yang sempat membesar telah berhasil dipadamkan.

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menyatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan Pangdam Jaya untuk mendapatkan bantuan mobil pemadam kebakaran dari Pemprov DKI Jakarta. 

“Pak Pangdam Jaya sudah berkoordinasi dengan Pemprov DKI, jadi dikirimkan mobil pemadam kebakaran karena di Jakarta kan ada mobil yang bisa menembakkan air dari jarak jauh, nah itu akan segera datang sejumlah tiga armada,” kata Bey di rumah Kompleks Gudmurah.

Mobil pemadam kebakaran dari DKI Jakarta diharapkan dapat segera tiba dan membantu memadamkan api di gudang senjata yang terkena dampak ledakan tersebut. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>