BNPB: 77 Orang Selamat, 18 Meninggal Dunia, dan 2 Hilang Akibat Longsor di Tana Toraja


Anggota Basarnas dan warga berada di dekat puing rumah yang hancur akibat tanah longsor di Palangka, Kelurahan Manggau, Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Senin (15/4/2024). (ANTARA )

AKTUALITAS.ID – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan bahwa sebanyak 77 orang warga Makale dan Makale Selatan, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, telah dinyatakan selamat setelah dievakuasi dari bencana longsor yang terjadi. 

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari menyatakan bahwa puluhan korban selamat telah dievakuasi ke posko darurat yang didirikan di halaman gereja desa setempat. 

“Posko dan dapur umum pun sudah didirikan guna pemenuhan kebutuhan warga terdampak dan tim evakuasi,” ujarnya.

Namun, laporan terakhir dari tim Pusdalops BNPB mencatat bahwa ada 18 orang warga yang meninggal dunia akibat bencana tanah longsor tersebut. Korban meninggal tersebut merupakan warga Desa Lembang Randan, Kecamatan Makale Selatan, dan Manggau, Makale, Tana Toraja. 

“Hingga saat ini, tim SAR gabungan masih melakukan pencarian terhadap dua orang warga yang dilaporkan hilang,” tambah Abdul.

Diketahui bahwa tujuh unit rumah warga mengalami kerusakan akibat longsor tersebut. Timbunan material longsor yang menutup akses jalan juga menambah kesulitan bagi tim SAR gabungan, yang harus berjalan kaki untuk mencapai lokasi kejadian. 

Abdul menegaskan bahwa meski dihadapkan dengan sejumlah hambatan, tim SAR gabungan akan berusaha semaksimal mungkin menanggulangi dampak bencana yang melanda Tana Toraja agar tidak semakin meluas. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>