Erupsi Gunung Ruang, Bandara Sam Ratulangi Ditutup Hingga Minggu Siang


Penumpang saat melakukan antrean untuk melakukan perpanjangan penutupan Bandara Samrat akibat erupsi Gunung Ruang Tagulandang, Sitaro, di Manado, Sabtu (20/4/2024). (Foto: Antara)

AKTUALITAS.ID – PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Sam Ratulangi Manado telah mengumumkan bahwa penutupan penerbangan dari dan menuju Manado akan diperpanjang hingga pukul 12.00 Wita pada hari Minggu, 21 April 2024. 

Keputusan ini diambil sebagai langkah pencegahan menyusul aktivitas abu vulkanik yang terus menerus dari Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara.

Menurut Humas Bandara Sam Ratulangi, Yanti Pramono, keputusan ini didasarkan pada Notice to Airmen (Notam) terbaru yang dikeluarkan oleh Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI. 

“Penutupan Bandara diperpanjang hingga Minggu 21 April 2024, pukul 12.00 Wita,” kata Yanti Pramono.

GM Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, Maya Damayanti, menegaskan bahwa perpanjangan penutupan ini didasarkan pada pertimbangan keselamatan. 

“Melihat kondisi terkini erupsi Gunung Ruang di Tagulandang, belum aman untuk penerbangan pesawat,” ujar Maya. 

Dia juga menekankan bahaya abu vulkanik jika menempel di pesawat, sehingga penutupan ini harus diperpanjang. 

“Aktivitas abu vulkanik Gunung Ruang di udara Sulawesi Utara masih cukup tinggi. Pola sebarannya melingkupi hampir sebagian besar wilayah udara Sulawesi Utara,” tambahnya.

Pihak bandara telah mengimbau kepada para penumpang untuk memperhatikan perkembangan terkini melalui saluran informasi resmi bandara. Meskipun penutupan ini dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi para pelancong, keselamatan tetap menjadi prioritas utama. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>