Tangani Lonjakan Covid, Satgas dan Pemkab Kudus Berkolaborasi


Ilustrasi, Foto: Istimewa

AKTUALITAS.ID – Badan Nasional Penanggulangan Bencana mendampingi Pemerintah Kabupaten Kudus yang saat ini bekerja menangani dan mengendalikan lonjakan kasus Covid-19.

Kepala BNPB Ganip Warsito menyebut, pendampingan tersebut sejalan dengan perintah Presiden Joko Widodo. Sehingga, pihaknya terjun langsung ke lapangan untuk memantau dan berkoordinasi dengan berbagai elemen terkait agar lonjakan kasus Covid-19 tak meluas.

Ganip mengatakan, BNPB juga mendampingi aparat Pemkab Kudus dalam penerapan PPKM mikro yang ketat serta menegakkan protokol kesehatan, termasuk pengadaan tracing, testing, dan treatment.

“BNPB selaku yang menjadi kepala penanganan satgas ini terus bersatu padu dan berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk mengendalikan atau menekan lonjakan Covid-19 ini. Pendampingan yang jelas posko kami berikan, tenda isolasi dan sebagainya kami siapkan,” ujar Ganip.

Selain itu, juga akan diberikan dukungan fasilitas isolasi mandiri dengan penyediaan tenda-tenda lapangan di tiap kecamatan atau desa.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan, peningkatan kasus Covid-19 di Kabupaten Kudus turut menjadi perhatian pemerintah pusat. Karena itu, dia ingin berkoordinasi intens dengan Kementerian Kesehatan.

Menurutnya, pihaknya telah berupaya maksimal menangani peningkatan kasus Covid-19 dengan melibatkan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Saat ini Ganjar pun meminta pakar epidemiologi untuk meneliti jika lonjakan tersebut berasal dari transmisi lokal atau mudik.

“Kemarin Pak Bupati sudah nambah umpama beberapa tempat yang kosong, bisa dipakai untuk isolasi atau rumah sakit darurat dibuat. Dan begitu kemudian manajemennya kesulitan, saya sudah minta Pak Bupati telepon langsung saya agar kita bisa membantu secepatnya,” kata Ganjar.

Pada Sabtu (29/5), Dinas Kesehat Provinsi Jawa Tengah menyatakan bahwa kapasitas hampir seluruh rumah sakit di Kudus dipenuhi oleh pasien Covid-19. Kepala Dinkes Jateng Yulianto Prabowo menyebut, tingkat keterisian tempat tidur (BOR) isolasi dan ruang unit perawatan intensif (ICU) Covid-19 di seluruh rumah sakit Kudus adalah sangat tinggi.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>