Connect with us

Berita

TNI Angkatan Darat Siap Amankan World Water Forum ke-10 di Bali

Published

on

AKTUALITAS.ID – Jajaran TNI Angkatan Darat (AD) telah mengerahkan sebanyak 4.463 personel untuk memastikan keamanan dan kelancaran pelaksanaan World Water Forum (WWF) ke-10 tahun 2024 yang akan digelar di Bali. Personel tersebut merupakan gabungan dari berbagai satuan, termasuk Kodam IX/Udayana.

Menurut Kepala Dinas Penerangan TNI AD, Brigadir Jenderal TNI Kristomei Sianturi, dari total personel yang terlibat, 2.530 di antaranya berasal dari Kodam IX/Udayana. Mereka akan bekerja sama dengan satuan AU dan AL untuk memastikan jalannya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) berlangsung dengan baik.

Kristomei menegaskan bahwa pasukan TNI AD yang ditempatkan di beberapa titik penjagaan krusial telah dilengkapi dengan alat utama sistem senjata (alutsista) lengkap. Selain mengamankan jalannya kegiatan, pasukan TNI AD juga akan bersikap humanis dan melayani masyarakat serta peserta WWF.

Sebelumnya, Mabes TNI telah merencanakan penurunan 12.000 personel khusus untuk menjaga jalannya kegiatan WWF di Bali. Mereka bertugas dari pengamanan hingga penanganan kesehatan di lokasi acara tersebut.

Menurut Kepala Pusat Penerangan TNI, Mayjen TNI Nugraha Gumilar, kegiatan WWF akan berlangsung dari 18 hingga 25 Mei 2024. Personel TNI telah melakukan pengamanan di lokasi satu minggu sebelum acara untuk melakukan pengawasan dan pemetaan lokasi yang harus dijaga dengan ketat.

Pihak TNI tidak hanya melakukan penjagaan di darat, tetapi juga di wilayah udara dan laut di sekitar Pulau Dewata. Armada kapal perang juga dikerahkan di Selat Bali dan Selat Lombok sebagai langkah pengamanan tambahan.

Selain fokus pada pengamanan, TNI juga menyediakan armada pesawat untuk evakuasi jika terjadi bencana alam selama berlangsungnya WWF. Tenaga kesehatan juga disiapkan untuk mengantisipasi adanya korban jiwa dari bencana alam yang mungkin terjadi.

World Water Forum ke-10 akan menjadi forum internasional yang melibatkan pemangku kepentingan di sektor sumber daya air. Dengan tema “Air untuk Kesejahteraan Bersama”, forum ini akan membahas berbagai subtema penting seputar ketahanan air, pengelolaan risiko bencana, tata kelola air, pembiayaan air berkelanjutan, dan inovasi dalam sektor air. (YAN KUSUMA/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending