Connect with us

Nasional

Presiden Siap Berkantor di IKN Begitu Ada Lampu Hijau

Published

on

Ilustrasi. Proyek pembangunan Istana Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN). (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

AKTUALITAS.ID – Presiden Joko Widodo menyatakan kesiapannya untuk segera berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur begitu ada lampu hijau atau tanda kesiapan. Hal ini diungkapkan Presiden saat memberikan keterangan pers usai menyaksikan laga pembuka Piala Presiden di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat sore.

“Begitu ada lampu hijau siap, saya akan berkantor di IKN,” tegas Presiden Jokowi saat ditanya awak media mengenai kesiapan berkantor di IKN, berdasarkan rekaman yang diterima di Jakarta pada hari yang sama.

Sebelumnya, Presiden Jokowi masih menunggu kesiapan infrastruktur penunjang untuk dirinya berkantor di IKN yang diperkirakan akan dimulai pada Juli 2024. “Airnya sudah siap belum? Listriknya sudah siap belum? Tempatnya sudah siap belum? Kalau siap, pindah,” ujar Presiden saat memberikan keterangan pers usai melepas bantuan Indonesia untuk penanganan bencana di Papua Nugini dan Afganistan di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (8/7).

Presiden mengungkapkan bahwa dirinya telah menerima laporan dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengenai kesiapan infrastruktur di IKN, termasuk air, listrik, hingga kantor Presiden yang akan ditempati. Namun, dari laporan tersebut, diketahui bahwa infrastruktur tersebut belum sepenuhnya siap untuk dimanfaatkan. “Sudah (dapat laporan), tapi belum (siap). Sudah, tapi belum,” kata Presiden.

Di sisi lain, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono memastikan bahwa air, listrik, hingga jaringan internet akan siap digunakan saat pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus di Ibu Kota Nusantara. “Tadi saya cek semua. Air, listrik, internet sudah oke (saat 17 Agustus),” kata Basuki saat dijumpai di Istana Kepresidenan, Jakarta, pekan lalu.

Dengan demikian, harapan untuk segera berpindahnya pusat pemerintahan ke Ibu Kota Nusantara semakin mendekati kenyataan. Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa begitu infrastruktur siap, dirinya tidak akan ragu untuk segera berkantor di IKN, menandai babak baru dalam sejarah Indonesia dengan berpindahnya ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur. (NAUFAL/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending