Pebulutangkis Muda Siap Bertanding di Caffino Superliga Junior 2019


Direktur Superliga, Achmad Budiharto. AKTUALITAS.ID/Kiki Budi Hartawan.

Caffino Superliga Junior 2019 ajang pencari bakat

AKTUALITAS.ID – Kejuaraan bulutangkis beregu Caffino Superliga Junior 2019 akan digelar kembali di GOR Djarum, Magelang, Jawa Tengah, pada 15 hingga 20 Oktober mendatang.

Tak kurang, sebanyak 265 atlet U17 dan U19 baik putra dan putri dari enam negara yakni Indonesia, Malaysia, Jepang, Chinese Taipei, Singapura dan Thailand akan berjuang memperebutkan empat piala bergengsi dari dua kategori usia.

Direktur Superliga, Achmad Budiharto mengatakan, tingginya partisipasi atlet-atlet muda yang ambil bagian dalam turnamen ini merupakan angin segar bagi proses regenerasi pebulutangkis di Indonesia. Pasalnya, melalui Superliga Junior, atlet-atlet muda Indonesia akan ditempa mental dan daya juangnya dalam melawan pemain-pemain asing sebelum nantinya mereka masuk ke level senior.

“Superliga Junior merupakan turnamen beregu yang akan menguji mental para pemain muda dalam format kejuaraan beregu. Sehingga, diharapkan mereka memiliki jam terbang dan pengalaman yang mumpuni ketika tampil di turnamen yang lebih besar lagi,” ungkapnya dalam press conference Caffino Superliga Junior 2019 di Jakarta Pusat, Rabu (9/10/2019).

Selain itu, kata Budiharto, Superliga Junior ini telah terbukti sebagai ajang mengasah kemampuan para atlet muda. Hal ini bisa dilihat dari tingginya animo klub-klub bulutangkis yang berpartisipasi di dalam turnamen ini.

” Antusiasnya sangat tinggi. Tahun ini, 13 klub sudah mendaftarkan para pemain mudanya untuk bertanding dalam ajang Caffino Superliga Junior 2019,” ujarnya.

Ads Aktualitas

Budiharso yang juga menjabat sebagai Sekjen PP PBSI ini menjelaskan, pertandingan ini tak hanya diikuti oleh klub-klub nasional, namun juga melibatkan para pebulutangkis muda dari kawasan Asia.

” Di kategori U19, klub-klub yang akan menurunkan atlet-atlet muda terbaiknya ialah PB Djarum Kudus, Exist Badminton Club, Mutiara Cardinal Bandung, Jatim United, Blibli.com Team, Harimau Muda team C (Malaysia), Kumamoto Team (Jepang), Granular Badminton Academy (Thailand), Taiwan High School (Chinese Taipei), Singapore Badminton Association (Singapura),” bebernya.

Sebagai informasi, turnamen Caffino Superliga Junior 2019 menggunakan format beregu Thomas – Uber di dua kategori usia yakni U17 dan U19. Sistem ini akan mempertandingkan lima partai yang terdiri dari tiga tunggal dan dua ganda. Pada kategori U19, piala yang diperebutkan adalah Piala Liem Swie King untuk U19 Putra dan Piala Susy Susanti untuk U19 Putri. Sementara itu, di kategori U17 piala yang diperebutkan ialah Piala Hariyanto Arbi sebagai piala untuk U17 Putra dan Piala Yuni Kartika untuk U17 Putri.

Sementara pada kategori U17, terdapat sembilan klub yang akan bertanding yaitu PB Djarum Kudus, Exist Badminton Club, PB Jaya Raya, Mutiara Cardinal Bandung, SGS PLN Bandung, Sarwendah Badminton Club, Harimau Muda Team A (Malaysia), Harimau Muda Team B (Malaysia), dan Kumamoto Team (Jepang). [Kiki Budi Hartawan/ Ari Wibowo]

Ads Aktualitas