China Desak Aparat Hong Kong Lebih Keras Hadapi Demonstran


Demo Warga Hongkong (Foto: Istimewa)

AKTUALITAS.ID – Surat kabar China Daily yang didukung Pemerintah China mengkritik serangan terhadap cabang kantor berita Xinhua oleh para demonstran Hong Kong akhir pekan lalu. Beijing mendesak aparat Hong Kong lebih keras menghadapi massa pengunjuk rasa.

Dalam tajuk rencananya yang diterbitkan Senin (3/11), China Daily menyebut perusakan terhadap kantor berita Xinhua sebagai serangan tak beralasan. “Mereka pasti gagal karena tindak kekerasan mereka hanya akan menemui beratnya hukum,” kata China Daily.

Pada Minggu (2/11) lalu, majalah Global Times yang juga didukung Pemerintah China turut mengecam aksi perusakan kantor berita Xinhua di Hong Kong. Ia menyerukan lembaga-lembaga penegak hukum Hong Kong segera menindak para pengunjuk rasa yang terlibat.

“Karena citra simbolis Xinhua, perusakan kantor cabangnya tidak hanya provokasi terhadap aturan hukum di Hong Kong, tapi juga pada pemerintah pusat dan daratan China, yang merupakan tujuan utama para perusuh,” kata Global Times.

Akhir pekan lalu, selain merusak kantor berita Xinhua, para demonstran di Hong Kong juga membakar stasiun metro dan bangunan lainnya. Gerai kopi Starbucks tak luput dari sasaran massa.

Demonstrasi yang telah berlangsung selama lima bulan telah menyebabkan Hong Kong menghadapi resesi dan tak mungkin mencapai pertumbuhan ekonomi apa pun tahun ini. Gelombang demonstrasi yang berlangsung selama lima bulan merupakan pemicu utama terjadinya hal tersebut.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>