Demonstrasi di Irak Makin Panas, Ratusan Orang Tewas dan Luka-Luka


Warga Irak Demonstrasi, (Foto:Istimewa)

AKTUALITAS.ID – Organisasi Hak Asasi Manusia Irak menyebutkan, pada Sabtu (9/11), ratusan orang telah tewas dan puluhan ribu lainnya terluka sepanjang gelaran aksi protes anti-pemerintah sejak Oktober di seluruh Irak.

Dikutip dari UPI pada Minggu (10/11), Komisioner Tingkat Tinggi Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa sangat prihatin dengan jatuhnya korban, tidak hanya dari pihak demonstran tapi juga dari pihak keamanan.

“Jumlah korban yang tepat mungkin jauh lebih tinggi,” ujar pihak PBB.

“Mayoritas korban telah jatuh dari penggunaan amunisi langsung oleh pasukan keamanan dan elemen-elemen bersenjata, yang digambarkan banyak orang sebagai kelompok-kelompok milisi swasta, serta penggunaan senjata-senjata yang kurang mematikan yang tidak perlu, tidak proporsional atau tidak tepat seperti gas air mata,” tambahnya.

Pada Jumat (8/11), dua orang terbunuh di kota Basra Selatan selama protes kekerasan. Demonstrasi telah terjadi di Baghdad, Dhi Qar dan Karbala. IHCHR dalam sebuah pernyataan mengatakan, pihaknya menyerukan semua pihak mengakhiri pertumpahan darah dan mempertahankan demonstrasi damai.

“Ketika IHCHR menegaskan jaminan konstitusional atas kebebasan berpendapat, demonstrasi dan pertemuan damai serta kebutuhan untuk menyatukan tuntutan yang sah untuk melindungi dan mempromosikan hak asasi manusia di Irak,” ujarnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>