Banjir Jakarta, Jokowi: Karena Sampah dan Kerusakan Ekologi


Banjir di daerah Jatiwaringin, Pondok Gede- Bekasi, Rabu, (1/1/2020). Banjir disebabkan karena curah hujan yang lebat mengguyur Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi sejak malam hari. AKTUALITAS.ID / Kiki Budi Hartawan.

AKTUALITAS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan penanganan banjir yang menerjang beberapa wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya harus dikerjakan bersama-sama oleh pemerintah pusat serta daerah, baik provinsi, kabupaten, dan kota.

Jokowi menyebut salah satu penyebab banjir di awal tahun baru 2020 ini karena kerusakan ekosistem dan ekologi. Selain itu, kata Jokowi, masih banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan.

“Karena ada yang disebabkan kerusakan ekosistem, kerusakan ekologi yang ada. Tapi juga ada yang memang karena kesalahan kita yang membuang sampah di mana-mana. Banyak hal,” kata Jokowi di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (2/1/2020).

“Tetapi saya ingin kerja sama itu dibangun pusat, provinsi, dan kab/kota agar semuanya bisa tertangani,” ujarnya menambahkan.

Menurut Jokowi, saat ini yang paling penting adalah melakukan evakuasi terhadap warga terdampak banjir. Mantan gubernur DKI Jakarta itu menyebut keselamatan dan keamanan masyarakat harus didahulukan.

“Nanti urusan penanganan banjir secara infrastruktur akan kita kerjakan setelah penanganan evakuasi selesai,” tuturnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>