Pilkada Jember, Pengusaha Hendy Siswanto Daftar Maju Lewat PAN dan Demokrat


AKTUALITAS.ID – Posko Pendaftaran Bersama PAN dan Partai Demokrat mulai menerima pendaftaran bakal calon bupati Jember. Pengusaha Hendy Siswanto menjadi pendaftar pertama yang datang ke posko yang digelar di sebuah rumah makan yang ada di kawasan pusat kota Jember, Rabu (19/2/2020).

Kedatangan Hendy disambut meriah segenap jajaran pengurus elite kedua partai. Hendy datang dengan diantar istri, Kasih Fajarini, anak-anak serta para pendukung.

Suasana pendaftaran pun terbilang unik. Hendy pertama duduk di meja pendaftaran bacabup Partai Demokrat. Setelah secara simbolis menyerahkan berkas pendaftaran kepada pimpinan DPC Partai Demokrat Jember, Hendy berpindah ke meja sebelahnya. Di meja kedua, Hendy diterima pimpinan DPD PAN Jember, dan secara simbolis menyerahkan berkas pendaftaran.

Dalam sesi jumpa pers, Hendy yang merupakan mantan birokrat di Kementerian Perhubungan ini mengaku cukup terkesan dengan terobosoan pendaftaran bersama kedua partai. “Ini akan menjadi inspirasi bagi saya, ketika mendapat amanah sebagai bupati Jember. Yakni pelayanan satu pintu yang efektif dan efisien,” ujar pria 57 tahun ini optimistis.

Hendy juga menyindir kondisi birokrasi di Jember yang selama empat tahun terakhir banyak mendapat sorotan dari berbagai pihak. Sebagaimana diketahui, Jember menjadi satu-satunya daerah yang tidak mendapat kuota CPNS serta beberapa kali kritik Ombudsman, Kemendagri dan Komite Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Kondisi Jember saat ini tidak sedang baik-baik saja. Saya akui saya bukan orang partai. Karena itu saya akan belajar banyak dari teman-temanpartai,” papar pengusaha konstruksi ini.

Di DPRD Jember, PAN maupun Demokrat sama-sama hanya memiliki dua kursi. Sehingga masih dibutuhkan enam kursi lagi untuk memenuhi syarat koalisi mengajukan pasangan Cabup-Cawabup dalam Pilkada Jember. Terkait hal itu

Hendy bahkan optimistis bisa merangkul semua partai yang ada di Jember. “Selama 8 bulan terakhir saya sudah menggandeng salah satu konsultan politik ternama di Indonesia. Saya juga akan berusaha mendapatkan rekom dari semua partai di Jember, karena kita perlu membangun sinergi antara eksekutif dan legislatif, tanpa harus mematikan fungsi kontrol parlemen,” tegas Hendy.

Sementara itu, Ketua DPD PAN Jember, Lilik Niamah menyebut, kedua partai sepakat membangun koalisi sejak awal di tingkat daerah, karena merasa memiliki kesamaan visi dan misi.

“Kita juga sepakat untuk tidak lagi mendukung petahana karena terbukti tidak bisa menciptakan perubahan selama hampir lima tahun terakhir,” ujar Lilik.

Pada Pilkada Jember 2015 lalu, PAN merupakan salah satu partai pendukung

Faida-Muqit. Koalisi PDIP, NasDem, PAN dan Hanura berhasil mengantarkan Faida sebagai pemenang Pilkada Jember 2015.

Sedangkan Ketua DPC Partai Demokrat Jember, Zarkasi menyebut, semua kandidat yang mendaftar ke koalisi PAN-Demokrat, nantinya akan mengikuti serangkaian tahapan. Di antaranya adalah uji kompetensi dan pemaparan visi-misi kandidat.

“Kita masih membuka kesempatan juga kepada kandidat lain, untuk mendaftar kepada kami. Di Jember ini tidak ada satupun partai yang bisa maju sendiri. Semua harus berkoalisi,” ujar pria yang pernah menjabat sebagai Pj Bupati Jember ini.

Posko pendaftaran bersama PAN-Demokrat ini akan dibuka selama tiga hari, yakni hingga 21 Februari 2020 mendatang.

Hendy Siswanto, selain dikenal sebagai pengusaha konstruksi, juga merupakan pemilik salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Jember. Lini bisnis ini dikelola dan menggunakan brand nama panggilan sang istri, yakni Rien Collection. Selain itu, keluarga ini juga memiliki beberapa bisnis seperti hotel.

Hendy juga merupakan besan dari KH Achmad Muzakki Syah, pengasuh pesantren Al-Qodiri, Jember. Sebagai pemimpin jemaah pengajian Manaqib yang diikuti ratusan ribu jemaah, KH Muzakki menjadi salah satu tokoh agama dengan magnet politik yang cukup kuat. Dalam dua kali Pilpres misalnya, baik Jokowi maupun Prabowo sama-sama pernah berkunjung ke pesantren tersebut.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>