Sama-Sama Bayar Pajak, Ketua MPR Ingin Pengguna Motor Boleh Lewat Jalan Tol


AKTUALITAS.ID – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Bambang Soesatyo meminta kepada pemerintah agar para pengguna sepeda motor bisa masuk jalur tol. Sebab, mereka juga membayar pajak dan ikut berkontribusi dalam pembangunan infrastruktur.

“Perlu kita sadari bahwa bikernya adalah bagian dari pengguna jalan yang sama halnya dengan pengguna jalan lainnya. Mereka juga membayar pajak dan ikut berkontribusi dalam pembangunan infrastruktur,” kata Bamsoet saat berpidato dalam acara Riding Kebangsaan Empat Pilar di halaman gedung DPR/MPR Jakarta, Minggu (23/2).

Menurut dia, dasar legalitasnya sudah dijamin konstitusi mengenai persamaan hak setiap warga negara. Politikus Golkar ini juga merujuk ketentuan pasal 38 peraturan pemerintah nomor 44 tahun 2009.

Di situ disebutkan bahwa jalan tol dapat dilengkapi khusus kendaraan roda dua. Baik secara fisik terpisah dari jalur tol yang diperuntukkan untuk kendaraan roda empat atau lebih.

“Jadi kami menuntut hak yang sama. Mengunakan jalan tol karena kita sama-sama membayar pajak,” kata politikus Partai Golkar itu.

Dia menegaskan, pemanfaatan jalan tol untuk roda dua sesungguhnya bukan retorika. Sebab, sudah direalisasikan di tol Mandala Bali dan Suramadu yang terdapat ruang jalan tol dapat digunakan pengguna roda dua atau rider.

“Pemanfaatan jalan tol bagi bikers adalah wujud keberpihakan negara memberikan keadilan sosial dan keadilan ekonomi bagi setiap warga negara,” tuturnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>