Update Corona di Sumsel 16 April: 37 Positif, 4 Sembuh, 2 Meninggal


Ilustrasi, Foto: Istimewa

AKTUALITAS.ID – Jumlah positif virus Corona (Covid-19) di Sumatera Selatan bertambah secara signifikan. Jika sebelumnya berjumlah 22, maka pada hari ini, Kamis, (16/4/2020), meningkat cukup drastis menjadi 37 kasus.

Penambahan 15 positif Corona, 11 di antaranya merupakan siswa perwira polisi, yang baru saja menyelesaikan pendidikan di Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) Lembaga Pendidikan Polri (Lemdikpol) di Sukabumi, Jawa Barat.

“Penambahan 15 kasus positif, 11 di antaranya polisi yang baru selesai mengikuti pendidikan di Setukpa Lemdikpol di Sukabumi,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sumatera Selatan, Yuwono.

Yuwono menjelaskan, untuk semua jumlah polisi asal Sumatera Selatan yang mengikuti Setukpa Lemdikpol di Sukabumi sebanyak 48 orang. Tapi setelah di rapit test di Sukabumi dan Sekolah Polisi Negara (SPN) Betung, Kabupaten Banyuasin, hanya 11 orang yang positif.

“Setengah bulan lalu mereka jalani rapid tes di Sukabumi, mereka kemudian dipulangkan dan langsung di karanita di SPN Betung. Kemudian di rapit tes kembali, dan hasil PCR menyatakan 11 orang yang positif,” jelasnya.

Dia menyebut, bahwa siswa perwira polisi ini merupakan kasus nomor 26 sampai 36, dan semuanya pasien tanpa gejala saat ini diisolasi di Rumah Sakit Bhayangkara Palembang. Sementara untuk empat orang lainnya, berasal dari berbagai Kabupaten/kota.

Untuk jumlah kasus orang dalam pantauan (ODP) di Sumatera Selatan sebanyak 2.297 orang. Sebelumnya 2.255 orang, yang artinya meningkat 42 orang. Dari jumlah itu, 1.684 orang telah selesai pantauan dan 613 orang masih dalam pantauan.

“Dan untuk jumlah PDP (pasien dalam pengawasan) yang terkonfirmasi sebanyak 84 orang. Sebelumnya 79 orang. Total PDP 84 itu, 59 orang telah selesai pengawasan dan 25 orang masih dalam pengawasan. Untuk penambahan PDP hari ini ada 4 orang,” kata Yuwono.

Diungkapkan Yuwono, untuk keseluruhan total sampel yang diperiksa BBLK Sumsel sebanyak 239 orang, hasil positif 37 orang, negatif 98 orang dan masih dalam proses pemeriksaan 104 orang.

“Kasus positif hari ini ada penambahan 15 orang. Jadi total keseluruhan 37 orang, dengan dua orang meninggal dunia dan empat lainnya telah dinyatakan sembuh,” terangnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>