Update Corona di Sumbar 8 Mei: 270 Positif, 46 Sembuh, 17 Meninggal


Ilustrasi, Foto: Istimewa

AKTUALITAS.ID – Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Barat, kembali mengumumkan penambahan kasus positif terinfeksi Coronavirus Disease 2019. Sebanyak 18 warga Sumbar hari ini, terkonfirmasi positif terjangkit pandemi itu.

Total jumlah kasus positif Covid-19 di Ranah Minang hingga hari ini sebanyak 270 orang. Sementara itu, pasien yang sembuh juga bertambah sebanyak lima orang, sehingga total yang sudah sembuh sebanyak 46 orang dan yang meninggal dunia 17 orang.

Angka kasus positif Covid-19 yang hari ini mencapai 270, mendekati angka estimasi fase puncak akhir bulan ini yang diprediksi oleh ahli dan pakar Epidemiologi Universitas Andalas akan tembus di angka 350 kasus.

Sebab, jika merujuk kepada data pantauan Covid-19 hari ini, total Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 534 orang. Dari 534 PDP tersebut, 38 orang masih dirawat di berbagai rumah sakit rujukan sambil menunggu hasil laboratorium, sedangkan isolasi mandiri di rumah satu orang.

Untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) tersisa sebanyak 262 orang yang masih dalam kategori proses pemantauan, dengan rincian karantina pemda 69 orang dan 193 orang isolasi mandiri.

“Total sampai hari ini telah 270 orang warga Sumbar terinfeksi Covid-19. Terjadi penambahan 18 orang lagi. Sembuh bertambah lima orang, sehingga total sembuh 46 orang, meninggal dunia bertambah satu orang sehingga jumlah 17 orang,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Barat, Jasman Rizal, Jumat (8/5/2020).

Jasman menjelaskan, penambahan sebanyak 18 orang warga Sumbar positif terinfeksi Covid-19 hari ini berdasarkan hasil swab test yang dilakukan oleh laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang. Rinciannya, dari Kota Padang sebanyak 13 orang, Kota Padang Panjang tiga orang, Bukittinggi satu orang, dan Kota Payakumbuh satu orang.

Sebagian besar menjalani masa isolasi mandiri di rumah masing-masing. Namun, ada juga yang dirawat di rumah sakit rujukan.

Sementara itu, tambahan untuk pasien yang dinyatakan sudah sembuh dan negatif Covid-19 sebanyak lima orang, terdiri atas satu orang warga Andaleh Kota Padang dan satu warga Parak Karakah, yang merupakan tenaga kesehatan.

Selain itu, satu warga Subarang Padang, juga tenaga kesehatan, satu warga Kuranji Kota Padang, dan warga Aua Duri Kota Padang, juga tenaga kesehatan. Dia adalah pasien RST Reksodiwiryo Padang.

Agar mata rantai penyebaran Covid-19 tidak meluas lagi, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, kata Jasman, terus mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tetap disiplin, mematuhi seluruh instruksi yang dikeluarkan oleh pemerintah dan menjalani protokol kesehatan.

Dari sisi medis, Jasman menegaskan saat ini seluruh proses penanganan medis terhadap pasien suspect Corona, sudah sesuai dengan standar protokol kesehatan yang ada.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>