Surabaya Basis Partai, Sekjen PDIP: Kami akan Jaga Sebaik-baiknya


Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memberikan keterangan pers tentang Rakernas I PDI Perjuangan di Jakarta, Sabtu (21/12/2019). PDI Perjuangan akan menggelar Rakernas I sekaligus peringatan HUT ke-47 pada 10-12 Januari 2020 di Jakarta dengan mengangkat tema "Solid Bergerak Wujudkan Indonesia Negara Industri Berbasis Riset dan Inovasi Nasional".AKTUALITAS.ID/Munzir

AKTUALITAS.ID – Delapan partai politik di Kota Surabaya telah memberikan dukungan kepada mantan Kapolda Jatim, Machfud Arifin. Hanya tinggal PDI Perjuangan dan PSI yang belum memberikan rekomendasi.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, Surabaya merupakan basis PDIP. Hasto menegaskan pihaknya bakal menjaga Surabaya sebagai partai berlambang banteng moncong putih itu.

“Kami percaya kota Surabaya merupakan basis PDI perjuangan dan kami akan menjaga basis tersebut dengan sebaik-baiknya,” ujar Hasto saat acara pengumuman rekomendasi calon kepala daerah tahap tiga secara virtual, Selasa (11/8).

Hasto mengatakan, perubahan peta politik dukungan pasangan calon kepala daerah akan terjadi di Surabaya. Namun, PDIP tidak gentar karena selama 20 tahun memimpin Surabaya.

“Kita tahu ketika kepemimpinan bapak Bambang DH, Bu Risma, kota Surabaya mencapai kemajuan luar biasa,” ujarnya.

Hasto berkeyakinan PDIP akan kembali melanjutkan kepemimpinan di Kota Surabaya. Karena alasan itu pula, PDIP akan mengumumkan bakal calon kepala daerah di Surabaya pada tahap keempat.

“Karena itulah pengumuman kota Surabaya pun akan kami lakukan dalam momentum politik terpisah,” pungkasnya.

Sementara itu, mantan Kapolda Jatim Machfud Arifin telah mengantongi delapan dukungan partai politik untuk maju di Pilkada Surabaya. Partai itu adalah PKS, PKB, PPP, Nasdem, Golkar, Demokrat, PAN dan Gerindra.

PDIP dan PSI masih belum mengumumkan rekomendasi. Kursi PDIP telah mencukupi untuk mengusung pasangan calon sendiri. Totalnya mencapai 15 kursi di DPRD Surabaya.

Sementara, ada 19 orang yang mendaftar ke PDIP. Termasuk petahana Wakil Wali Kota Surabaya yang juga kader PDIP, Whisnu Sakti Buana. Ada juga nama Dyah Katarina yang mendaftar sebagai calon wali kota. Sedangkan Armuji, Anugerah Aryadi, Oni Setiawan dan Eddy Tarmidi mendaftar sebagai bakal calon wakil wali kota Surabaya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>