BPPTKG: Dini Hari Tadi Gunung Merapi Luncurkan Puluhan Kali Guguran Lava Pijar


AKTUALITAS.ID – Gunung Merapi kembali erupsi pada dini hari tadi dengan mengeluarkan awan panas. Arah luncuran awan panas ke sektor barat daya.

“Terjadi awan panas guguran di Gunung Merapi tanggal 4 Maret 2021 pukul 03:57 WIB,” kata Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida dalam keterangannya, Kamis (4/3/2021).

Hanik menjelaskan, awan panas guguran tercatat di seismogram dengan amplitudo 38 mm dan durasi 123 detik.

“Estimasi jarak luncur 1200 meter ke arah barat daya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, BPPTKG juga mencatat aktivitas guguran lava di Gunung Merapi dalam periode pukul 00.00 hingga 06.00 WIB hari ini. Total ada puluhan kali guguran lava di Merapi yang terpantau.

“Teramati 25 kali guguran lava pijar dengan jarak luncur maksimal 1.000 meter ke arah barat daya,” sebutnya.

Sementara untuk data kegempaan tercatat gempa guguran sebanyak 35 kali dan hembusan 1 kali.

BPPTKG, kata Hanik, masih mempertahankan status Merapi di tingkat Siaga. Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya meliputi sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih sejauh maksimal 5 kilometer.

Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi erupsi eksplosif di Gunung Merapi dapat menjangkau radius 3 kilometer dari puncak. “Di luar potensi daerah bahaya saat ini kondusif untuk beraktivitas sehari-hari,” pungkasnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>