Sebagai Bentuk Penghormatan, Ketua DPR Minta Pencarian Korban KRI Nanggala Terus Dilakukan


Ketua DPR RI, Puan Maharani. AKTUALITAS.ID/Munzir

AKTUALITAS.ID – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Puan Maharani, meminta usaha pencarian dan evakuasi jenazah awak kapal selam KRI Nanggala-402 terus dilakukan. Menurutnya, pencarian dan evakuasi harus terus dilakukan demi keluarga para awak kapal.

“Kita tetap harus mencari dan mengevakuasi jenazah awak kapal selam KRI Nanggala-402 yang sudah dinyatakan tenggelam,” kata Puan kepada wartawan, Senin (26/4).

Menurutnya, melanjutkan usaha pencarian dan evakuasi jenazah awak kapal selam KRI Nanggala-402 merupakan bentuk penghormatan dan penghargaan tertinggi untuk keluarga korban dan keluarga besar TNI AL.

Puan sendiri mengaku ikut bersedih dan merasakan duka keluarga korban serta keluarga besar TNI AL.

“Sebagai bentuk penghormatan kita maka proses pencarian dan evakuasi korban harus dilakukan seoptimal mungkin,” kata Puan.

Ketua DPP PDI Perjuangan itu juga menganggap upaya pencarian badan kapal harus terus dilakukan demi mendukung upaya analisis penyebab kecelakaan terjadi.

Sebelumnya, Panglima Tentara Nasional Indonesia Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengumumkan bahwa 53 prajurit yang berada dalam kapal selam KRI Nanggala-402 dinyatakan gugur dalam tugasnya. Dia menyampaikan itu pada hari kelima pencarian

Pengumuman disampaikan setelah tim pencari menemukan sejumlah bukti otentik yang menunjukkan KRI Nanggala-402 karam pada kedalaman 838 meter dan badan kapal terbelah jadi tiga bagian.

“Berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala-402 telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur. Oleh karena itu, dengan kesedihan yang mendalam selaku panglima TNI saya nyatakan bahwa 53 personel yang on board KRI Nanggala-402 telah gugur,” kata panglima TNI saat jumpa pers di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Bali pada Minggu (25/4).

“Prajurit-prajurit terbaik Hiu Kencana telah gugur saat melaksanakan tugas di perairan utara Bali. Atas nama seluruh prajurit dan keluarga besar TNI selaku panglima TNI saya sampaikan rasa duka cita yang sedalam-dalamnya kepada seluruh keluarga prajurit yang gugur. Semoga Tuhan Yang Maha Besar memberi keikhlasan, kesabaran, dan ketabahan,” Hadi menambahkan.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>