Beban Meningkat di Tengah Pandemi, Wapres Berharap Rumah Sakit Jaga Mutu Pelayanan Meski


Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat memberikan pidato dalam acara peluncuran Index Kerawanan Pemilu (IKP) di Jakarta, Selasa (25/2/2020). Bawaslu meluncurkan Pilkada 2020 IKP ini untuk memetakan potensi kerawanan Pilkada Serentak 2020 yang berlangsung di 270 daerah dengan fungsi antisipasi dan pencegahan dini.AKTUALITAS.ID/Munzir

AKTUALITAS.ID – Wakil Presiden, Ma’ruf Amin, berharap rumah sakit tetap menjaga mutu pelayanan meski bebannya meningkat saat pandemi Covid-19. Menurutnya, rumah sakit adalah garda terdepan pelayanan kesehatan di tengah pandemi yang telah berjalan satu setengah tahun ini.

“Sekalipun beban rumah sakit meningkat di masa pandemi, saya berharap rumah sakit tetap mempertahankan mutu pelayanan dan memastikan kesehatan para tenaga kesehatannya, sebagai garda terdepan pelayanan kesehatan dalam masa pandemi,” katanya dalam acara Seminar Ilmiah dalam Muktamar ke-V Majelis Upaya Kesehatan Islam Seluruh Indonesia (MUKISI) melalui konferensi video pada Sabtu (21/8/2021).

Oleh karena itu, Ma’ruf meminta rumah sakit dapat melahirkan inovasi-inovasi sehingga mutu pelayanan kesehatan meningkat secara profesional. Dia pun mengapresiasi lahirnya layanan telemedicine.

Menurutnya, telemedicine merupakan salah satu inovasi dalam pelayanan kesehatan yang aman untuk semua. Baik untuk tenaga kesehatan maupun pasien yang menjalani rawat inap dan rawat jalan di rumah sakit.

“Telemedicine adalah salah satu bentuk inovasi yang dilakukan oleh rumah sakit antara lain dengan memanfaatkan peran teknologi informasi guna mendukung upaya untuk mengurangi kontak pasien dengan tenaga kesehatan sehingga mengurangi risiko penularan Covid-19 di rumah sakit,” tuturnya.

Lebih lanjut, kata Ma’ruf, peran MUKISI sebagai wadah perhimpunan RS Islam di Indonesia memiliki peran penting guna mendorong peningkatan upaya pelayanan kesehatan syariah di Indonesia. Mengingat jumlah umat muslim di Tanah Air sangat besar.

“(masyarakat) Memerlukan hadirnya sistem pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kaidah Islam untuk membantu penyembuhan, pemeliharaan kesehatan, sekaligus mampu menjadi sarana peningkatan keimanan seorang muslim dalam menjalani pengobatan dan pelayanan kesehatan,” tandasnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>