Karena Menolak Vaksin Covid-19, 40 Polisi Australia Dipecat


Ilustrasi (Thinkstock/Kaszojad)

Sebanyak 43 anggota polisi di Negara Bagian Victoria, Australia, telah diberhentikan dari tugas dan menghadapi pemecatan setelah mereka gagal mematuhi kewajiban vaksin Covid-19.

Aturan undang-undang Negara Bagian Victoria menyatakan semua pekerja layanan darurat termasuk petugas polisi ditetapkan tenggat waktu 15 Oktober untuk mengajukan permohonan vaksinasi dan harus menerima dosis pertama mereka pada Jumat.

Dalam sebuah pernyataan yang dikirim ke CNN hari ini, polisi Victoria mengatakan 34 petugas polisi dan sembilan petugas keamanan publik yang “tidak mematuhi peraturan vaksinasi” telah diberhentikan dari dinas aktif.

Tindakan disipliner selanjutnya mungkin termasuk pemutusan hubungan kerja, tetapi jika seorang pekerja tidak dapat divaksinasi “karena masalah medis” mereka akan dibebaskan, jelas pernyataan itu.

Di antara pekerjaan lain yang memerlukan vaksinasi di bawah mandat Victoria adalah pekerja bandara, panitia acara pernikahan dan petugas pemakaman. Badan publik di negara bagian Australia lainnya juga telah memberlakukan perintah yang sama, termasuk Polisi New South Wales.

Dilansir dari laman CNN, Selasa (19/10), Victoria akan mencabut aturan pembatasan karantina wilayah (lockdown) setelah target negara bagian untuk memvaksinasi 70 persen populasi di atas usia 16 tahun sudah terpenuhi.

Mulai Jumat, jam malam akan dicabut dan kebebasan bepergian dipulihkan di Melbourne, kota terbesar kedua di Australia. Sementara itu, pertemuan 10 orang akan diizinkan dan toko serta restoran dapat dibuka kembali dengan kapasitas terbatas.

Victoria akan menjadi negara bagian ketiga di Australia yang mulai mencoba hidup dengan Covid-19.

Pada Selasa Victoria mencatat 1.749 kasus baru Covid-19 dan 11 kematian.

New South Wales, negara bagian terpadat di Australia, menjadi yang pertama mulai hidup dengan Covid-19 pada 11 Oktober, diikuti oleh Wilayah Ibu Kota Australia pada 15 Oktober. Total tingkat vaksinasi Australia untuk warga di atas 16 tahun adalah 69,2 persen pada Senin.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>