Muhaimin Iskandar Terpilih Sebagai Wapres Presiden Centrist Democrat


Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Foto: Kiki Budi Hartawan

AKTUALITAS.ID – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar terpilih sebagai Wakil Presiden Centrist Democrat International (CDI). CDI merupakan badan politik internasional yang berhaluan tengah sedunia.

Terpilihnya Muhaimin disyukuri elite Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKB. Muhaimin yang juga Wakil Ketua DPR itu akan mendampingi Presiden CDI, Andres Pastrana Arango dari Kolumbia.

Terkait itu, Muhaimin menyampaikan jabatan yang disematkan sebagai peluang dan tantangan bagi PKB. Pun, untuk Indonesia yang diharapkan bisa berkontribusi lebih aktif dan nyata di CDI.

Menurut dia, kontribusi itu bisa dengan konteks hubungan Asia, politik global, demokrasi dan social justice.

“Semoga jabatan yang saya emban saat ini, bisa membawa Indonesia lebih baik lagi dan diperhitungkan di tingkat internasional,” kata Muhaimin di kantor DPP PKB, Sabtu, (30/10/2021).

Dia bilang, dalam waktu dekat, CDI juga akan bekerjasama terkait penanganan pandemi COVID-19. Menurutnya, pandemi masih jadi urusan global meski tren kasus di Tanah Air sudah menurun.

“Saya sampaikan Indonesia saat ini juga tengah berjuang me-recovery ekonomi yang sempat mengalami stagnasi akibat pandemi,” jelas politikus yang kerap disapa Cak Imin itu.

Adapun Muhaimin dipilih sebagai wapres CDI karena beberapa pertimbangan. Salah satunya bisa memperjuangkan nilai-nilai humanitarian Islam dalam politik di Tanah Air. Kemudian, nilai-nilai itu dibawanya ke kancah politik dunia dalam konteks relasi antara agama dan negara.

“94 partai politik dari 73 negara ini berlajar humanitarian Islam dari PKB. Ini sukses perlahan-lahan mengubah pandangan mereka yang phobia terhadap Islam di Eropa dan belahan dunia lain,” tuturnya.

Untuk diketahui, Muhaimin merupakan Wakil Ketua DPR RI bidang Koordinator Kesejahteraan Masyarakat (Korkesra). Dia ditetapkan jadi Wakil Presiden CDI bersama beberapa pimpinan partai politik dunia dari Belgia, Spanyol, Bosnia, Jerman, Kroasia, Kolumbia, Brasil, hingga Meksiko.

Sementara itu, Sekretaris Eksekutif CDI tetap dijabat Antonio Lopez Isturiz White dari Spanyol. Pun, Koordinator CDI Kawasan Asia-Pasifik dijabat oleh Cesar Rosselo, Kawasan Afrika dijabat Alberto Ruiz Thiery.

Lalu, kawasan Amerika Latin dijabat Monica Valencia Campo. Ketiganya berada di bawah kepemimpinan Direktur Regional CDI, Luis Blanco. CDI sebagai badan politik internasional yang berhaluan tengah sedunia. Anggota CDI terdiri dari 94 partai politik dari 73 negara.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>