Cegah Varian Botswana, India Perketat Tes Covid bagi Turis Asing


India memutuskan lockdown mulai 25 Maret-14 April 2020 (Foto: Getty Images/Getty Images)

Pemerintah pusat India memerintahkan seluruh negara bagian memperketat tes Covid-19 bagi turis dari Afrika Selatan dan kawasan berisiko tinggi di tengah kekhawatiran kemunculan corona varian baru dari Botswana.

Kementerian Kesehatan India menyatakan bahwa pengetatan ini sangat diperlukan karena mutasi virus itu memiliki dampak yang serius terhadap kesehatan masyarakat.

“Varian ini dilaporkan memiliki banyak mutasi yang signifikan, dan kemudian berdampak serius pada kesehatan masyarakat, mengingat pelonggaran visa dan pembukaan perjalanan internasional,” ujar juru bicara Kemenkes India, Rajesh Bushan, dalam pernyataan yang dikutip Reuters, Kamis (25/11).

Meski demikian, India masih belum memutuskan akan menutup perbatasan bagi turis asing atau tidak.

7 Negara Larang Masuk Orang dari Afrika Cegah Covid Varian Botswana
“Ini belum dipelajari Kementerian Kesehatan,” kata salah satu pejabat senior.

Reuters sudah menghubungi Kemenkes dan Kementerian Luar Negeri India terkait larangan turis asing, tapi belum direspons.

Kasus Covid-19 di India sendiri belakangan ini sebenarnya menurun ketimbang pada Mei-Juni lalu. Salah satu penyebabnya, pemerintah yang terus meningkatkan program vaksinasi.

Awal November ini, India juga memasukkan 10 negara ke dalam daftar berisiko tinggi Covid-19, termasuk sejumlah kawasan Eropa, juga Inggris, China, Afrika Selatan, dan Selandia Baru.

Selain India, sejumlah negara lain juga mengambil langkah pencegahan untuk mengantisipasi Covid-19 yang dikenal sebagai varian Nu tersebut.

Tak lama setelah Afrika Selatan merilis laporan mengenai varian yang dikhawatirkan dapat mengurangi efektivitas vaksin itu, sejumlah negara langsung memperketat aturan masuk.

Inggris, Singapura, Italia, Jerman, Israel, dan Jepang melarang masuk pendatang dari negara-negara Afrika untuk mencegah Covid-19 varian Botswana.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>