Firli Sebut Sepanjang 2021 KPK Tangkap 109 Koruptor


Ketua KPK Firli Bahuri

AKTUALITAS.ID – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengatakan pihaknya telah menangkap dan menahan 109 tersangka korupsi sepanjang 2021 ini.

Hal itu disampaikan Firli dalam acara peringatan hari antikorupsi sedunia (Hakordia) yang digelar Kementerian Keuangan secara daring pada Rabu (8/12/2021).

“Penindakan tegas kurang lebih 109 orang sudah kita tangkap dan kita tahan selama 2021. Kita tidak pernah lelah, untuk melalukan pemberantasan korupsi,” kata Firli.

Firli menyebut pihaknya turut menyelamatkan potensi kerugian negara mencapai Rp46,5 triliun pada tahun ini. Sementara uang yang dikembalikan ke kas negara dari kasus yang ditangani mencapai Rp2,6 triliun.

“Untuk tahun 2021 KPK telah mengembalikan keuangan pendapatan negara bukan pajak dari uang denda, dari uang rampasan, kurang lebih 2,6 triliun,” ujarnya.

Pensiunan jenderal bintang tiga itu mengklaim KPK terus menjalankan berbagai strategi penanganan kasus korupsi lewat tiga cara, yakni pendidikan masyarakat, pencegahan, dan penindakan.

Khusus pencegahan, Firli meminta setiap lembaga memperbaiki sistem pengelolaan keuangan. Menurutnya, selain karena kesempatan, korupsi terjadi karena sistem yang gagal dan lemah.

“Saya minta kepada rekan-rekan semua, lakukan penelitian kajian telaah, terhadap sistem yang sedang berlaku. Apakah gagal, apakah lemah, apakah itu buruk. Diperbaiki,” katanya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>