Melonjaknya Kasus Omicron, Paris Batalkan Pesta Kembang Api Tahun Baru


Polisi Prancis memeriksa kendaraan yang melintas di kawasan Menara Eiffel, Paris, Foto: Michel Euler/AP

Pemerintah Kota Paris, Prancis, kemarin mengumumkan pembatalan tradisi pesta kembang api untuk menyambut Tahun Baru di lokasi terkenal Champs-Elysees karena lonjakan kasus Covid-19 varian Omicron.

“Pemerintah Kota Paris dengan menyesal membatalkan semua rencana perayaan di sekitar Champs-Elysees pada 31 Desember nanti karena melonjaknya kembali pandemi,” kata pernyataan kantor Wali Kota Paris, seperti dilansir laman CNN, Sabtu (18/12).

“Kami berharap tahun 2022 kita bisa merayakan kegembiraan bersama dan semoga kita bisa berbagai dengan keluarga dan orang-orang terdekat di masa liburan,” kata pernyataan selanjutnya.

Pengumuman ini disampaikan menyusul Perdana Menteri Jean Castex yang sehari sebelumnya mengatakan seluruh kegiatan di luar ruangan yang besar akan dilarang pada malam Tahun Baru karena Prancis sedang menghadapi gelombang kelima Covid-19.

Castex menuturkan varian Omicron menyebar cepat ke seantero Prancis dan “varian ini akan menjadi varian dominan pada awal 2022.” Dia menyerukan warga agar segera melakukan tes “beberapa jam setelah mengadakan pertemuan/berkumpul untuk liburan,” dan “bertindak penuh tanggung jawab.”

Prancis melaporkan 48.808 kasus kasus Covid-19, naik 7 persen dari pekan lalu.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>