Soal Masuk Kriteria Calon Kepala Otorita IKN, Risma : Banyak Kepala Daerah Arsitek


Menteri Sosial Tri Rismaharini memberikan keterangan persnya di kantor Kemensos, Senin (27/9/2021). Dalam keterangan persnya, Menteri Sosial Tri Rismaharini ingin memastikan ketepatan sasaran penyaluran bantuan sosial melalui pemutakhiran data secara periodik dan sistematis. Kemensos melakukan pemadanan data penerima bantuan dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdaftar di Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).AKTUALITAS.ID/Munzir.

AKTUALITAS.ID – Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Risma angkat bicara soal namanya disebut masuk kriteria Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam memilih Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) baru. Adapun salah satu kriteria Jokowi yakni, mempunyai latar belakang arsitek dan pernah menjadi kepala daerah.

Risma sendiri merupakan mantan Wali Kota Surabaya dan memiliki latar belakang arsitek. Namun, Risma menyebut ada banyak kepala daerah atau mantan kepala daerah yang mempunyai latar belakang sebagai arsitek.

“Banyak, banyak kepala daerah yang (berlatar) arsitek. Bukan hanya aku aja. Jadi, gak bisa ngomong aku,” katanya usai menanam Mangrove di di Pantai Telaga Waja, Badung, Minggu (23/1/2022).

Saat dirinya soal kesiapan apabila ditunjuk sebagai Kepala Badan Otorita IKN, Risma mengatakan, harus melapor terlebih dahulu ke Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Pasalnya, Risma merupakan kader PDI Perjuangan.

“Ibu tahu saya. Saya harus melapor ke Ibu. Karena Ibu tahu siapa saya. Apakah saya tepat di situ atau tidak,” jelasnya.

Ketika kembali didesak soal kesiapannya menjadi Kepala Otorita IKN, Risma enggan menjawabnya. Dia pun hanya tertawa dan mengakhiri sesi tanya jawab dengan awak media.

“Bukan soal siap. Orang saya nggak tahu kok,” ucap Risma sambil tertawa.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan dua kriteria pada calon Kepala Otorita di Nusantara, Ibu Kota Negara Baru. Jokowi ingin Kepala Otorita IKN mempunyai latar belakang arsitek dan menjadi kepala daerah sebagai pilihan terdepan.

“Kalau saya pinginnya ada latar belakang arsitektur dan punya pengalaman sebagai kepala daerah,” kata Jokowi dalam acara Pertemuan Presiden dengan Pemimpin Redaksi Media Nasional di Istana Negara, Rabu 19 Januari 2022.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>