Pantau PSU Yalimo, Ketua KPU: Jika Ada Potensi Pelanggaran Etik Silakan Laporkan


Ketua KPU Ilham Saputra saat Soft Launching program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat (20/8/2021). Melalui program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan ini diharapkan kesadaran masyarakat untuk terlibat dalam proses pemilu maupun pemilihan tumbuh dan berkembang mulai dari desa. AKTUALITAS.ID/Munzir.

AKTUALITAS.ID – Pemungutan Suara Ulang (PSU) pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Yalimo, Provinsi Papua, digelar hari ini. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Ilham Saputra, memantau langsung proses PSU tersebut.

Dikutip dari Antara, Rabu (26/1/2022), Ilham Saputra tiba di Yalimo, pagi tadi menumpangi pesawat kecil. Dia langsung mengunjungi sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) untuk memantau proses pencoblosan.

“Saya datang untuk melihat dan memastikan ini berjalan secara baik. Sampai saat ini KPU Yalimo sudah menjalankan PSU sesuai proses dan ketentuan berkat dukungan Dandim, Kapolres bersama jajaran dan pemerintah daerah,” katanya di Yalimo.

Dia mengatakan, bila ada calon yang kurang puas terkait proses PSU karena adanya dugaan potensi kecurangan maka bisa dilaporkan sesuai prosedur.

“Jika ada potensi pelanggaran etik silakan bisa laporkan. Saya berharap kepada semua pihak agar menghormati proses ini agar bisa kita menjalankan proses agar pilkada berjalan lancar dan baik,” katanya.

Pemantauan Ilham, situasi PSU berjalan aman dan kondusif. PSU Yalimo ini diikuti dua pasangan calon yaitu Nahor Nekwek bersama John Wilil melawan pasangan Lakius Peyon dan Nahum Mabel.

“Tadi juga laporan dari Kapolres Yalimo, Dandim juga demikian jadi saya kira ini harus diterima oleh seluruh pihak yang terlibat pemilu ini baik Bawaslu, calon, kita harap berjalan lancar prosesnya dan ini sudah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan,” katanya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>