Bertemu Menteri Jepang dan India, Menkominfo Galang Komitmen untuk DEMM


Menkominfo Budi Arie Setiadi dalam Konferensi Pers Pernyataan Menkominfo tentang Pemberantasan Judi Online di Media Center Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Kamis (20/07/2023). - (Pey)

AKTUALITAS.ID – Pemerintah Republik Indonesia berupaya meningkatkan kerja sama dengan berbagai negara untuk memperkuat komitmen mengenai tiga isu prioritas Kelompok Kerja Ekonomi Digital atau Digital Economy Working Group (DEWG) Presidensi G20 India tahun 2023. Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengharapkan lewat pertemuan bilateral Indonesia dapat membicarakan isu-isu strategis terkait dengan pembahasan fokus pada DEWG.

“Tadi kami melaksanakan pertemuan bilateral dengan Menteri Transformasi Digital Jepang Taro Kono didampingi Menteri Urusan Dalam Negeri Tsuge Yoshifumi. Juga, dengan Menteri Elektronik dan Teknologi Informasi India Ashwini Vaishnaw sebagai tuan rumah. Sebagai anggota Troika Presidensi G20 India kami menyampaikan pandangan terhadap isu-isu strategis termasuk tiga isu prioritas yang menjadi bagian dari dokumen hasil kesepakatan DEWG,” jelasnya di sela-sela pertemuan bilateral, di Taj West End, Bengaluru, India, Jumat (18/08/2023).

Menurut Menteri Budi Arie, dalam pertemuan itu, masing-masing pihak membahas isu mengenai ekonomi digital. “Sangat baik hubungan kita dengan mereka secara bilateral maupun multilateral. Kami membicarakan beberapa isu terkait ekonomi digital,” ungkapnya.

Menkominfo mengharapkan pertemuan tersebut dapat mempererat hubungan baik antar negara Anggota G20 dan tentunya memfasilitasi kesamaan pandangan terhadap isu-isu prioritas DEWG Presidensi India tahun ini.

“Yang utama adalah mengenai Infrastruktur Publik Digital , kemampuan digital untuk mempersiapkan angkatan kerja, dan yang terakhir soal Keamanan di sektor Ekonomi Digital.” lebih jelasnya.

Selain dengan Menteri dari Jepang dan India, Menkominfo menyatakan india akan membuka peluang kerja sama dengan seluruh negara anggota G20. Menurut Menteri Budi Arie, pertemuan bilateral yang berlangsung hari ini merupakan ajang bagi Kementerian Kominfo saling bertukar pengalaman.

“Kita selalu mau dan harus bekerja sama dengan semua negara, karena semua negara ini punya pengalaman atau best practice yang mana kita bisa saling bertukar pikiran. Kita perlu saling belajar dari beberapa negara tersebut, yang nantinya akan kita kembangkan pembahasannya,” ujarnya.

Dalam pertemuan bilateral, Menkominfo Budi Arie Setiadi didampingi Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo, Mira Tayyiba; Staf Khusus Menkominfo, Sarwoto Atmosutarno; Kepala Pusat Kelambagaan Internasional, Ichwan Nasution; serta Konsul Jenderal Republik Indonesia di Mumbai Eddy Wardoyo. (Red)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>