Tangani Kebakaran Hutan, Hutama Karya Siagakan Personil di Sekitar Tol Trans Sumatera


AKTUALITAS.ID – Dampak dari musim kemarau panjang, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) mulai merebak di sejumlah wilayah Indonesia.

Pulau Sumatera menjadi salah satu wilayah yang paling rawan terjadi karhutla saat musim kemarau.

Oleh karena itu, PT Hutama Karya (Persero) selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) berkoordinasi dengan semua pihak agar kebakaran di sekitar dapat segera dipadamkan serta asap dapat segera ditangani.

Hutama Karya juga memastikan bahwa JTTS aman untuk dilintasi oleh pengguna jalan tol.

Hal itu diungkapkan oleh Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo.

“Kami terus berkoordinasi dengan manggala AGNI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPN).”

“Selain itu, TNI & Kepolisian Daerah Provinsi Sumsel serta Pemerintah Daerah Kabupaten Ogan Ilir juga turut terlibat dalam menindaklanjuti kasus Karhutla yang terjadi di Tol Palembang- Indralaya,” kata Tjahjo.

Lebih lanjut, Tjahjo menambahkan, dari hasil investigasi di lapangan, titik rawan Karhutla terjadi di Tol Palembang- Indralaya sekitar KM 01, KM 03, KM 6, KM 12, KM 16+00 & KM17+800.

Adapun radius api kurang lebih 500- 800 Meter dari main road.

“Dari sisi pemadaman api, Hutama Karya telah menyiapkan kendaraan tangki air dan tim pemadam, menyiapkan hydrant sumber air di gerbang tol serta alat manual gebyok pemukul untuk menghalau api masuk ke mainroad,” tutur Tjahjo.

“Kami juga dibantu kendaraan pemadam tambahan dan pemadaman lewat udara dengan helikopter water bombing oleh BNPB, BPBD & Manggala AGNI serta bantuan water cannon dari kepolisian,” sambungnya.

Sedangkan dari sisi pengamanan lalu lintas dan perambuan, Hutama Karya mengantisipasi dengan melakukan penyiagaan 24 jam pada seluruh personil.

“Seluruh personil dan armada siaga telah kami siapkan khususnya pada penanganan lalu lintas saat Karhutla mulai dari personil dan armada rescue, patroli hingga ketertiban dan keamanan (Kamtib),” ungkap Tjahjo.

“Sehingga ketika terjadi Karhutla pengamanan telah siaga dan langsung meluncur ke lokasi kejadian,” tandasnya. (Red)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>