Mendag pada Rakorwil dan Temu Bisnis UMKM LP UMKM PWM Jawa Tengah


Ketua MPR Zulkifli Hasan (tengah) menjawab pertanyaan wartawan seusai diperiksa di gedung KPK, Jakarta, Selasa (18/9/2018). Wakil Ketua Majelis Pembina Persatuan Tarbiyah Islamiyah (PERTI) itu diperiksa KPK sebagai saksi dalam penyidikan kasus suap pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemkab Lampung Selatan Tahun Anggaran 2018 dengan tersangka Gilang Ramadhan.

AKTUALITAS.ID – Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan memberikan sambutan pada acara Rakorwil dan Temu Bisnis UMKM Lembaga Pengembang (LP) UMKM Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (7 Okt).

Mendag menyatakan, UMKM saat ini memegang peran yang cukup penting. Potensi bisnis UMKM pada tahun 2025 diperkirakan mencapai USD 135 Miliar. Untuk mencapai hal tersebut, maka diperlukan 4 pilar peningkatan daya saing UMKM, yaitu inovasi UMKM; akses kemitraan; akses digitalisasi; dan akses pembiayaan.

Mendag menambahkan, saat ini Kementerian Perdagangan sedang melaksanakan program kemitraan warung untuk mendorong peningkatan daya saing toko/warung tradisional dengan memfasilitasi akses kemitraan antara grosir modern dengan toko/warung tradisional dan akses pembiayaan antara perbankan dengan toko/warung tradisional.

Melalui program kemitraan tersebut, warung akan mendapatkan banyak keuntungan, antara lain akses permodalan, jaminan pasokan barang, pendampingan usaha, dukungan manajemen ritel yang modern, digitalisasi pembayaran melalui QRIS, penjualan produk-produk digital seperti pulsa, token listrik, bayar tagihan dan lain-lain.

Pada kesempatan ini, Mendag didampingi Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Isy Karim dan Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga, Fajarini Puntodewi. (Red)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>