Wamendag pada Seminar Kejar Mimpi Lokal Berdaya CIMB Niaga


AKTUALITAS.ID – Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga menjadi pembicara pada Seminar Kejar Mimpi Lokal Berdaya CIMB Niaga yang berlangsung di Living World Kota Denpasar, Bali, Sabtu (4 Nov).

Wamendag Jerry mengatakan, Kementerian Perdagangan memandang bahwa diperlukan 4 pilar untuk berkontribusi dalam pengembangan daya saing UMKM lokal, yaitu inovasi UMKM, akses kemitraan, akses digitalisasi, dan akses pembiayaan.

Kemendag mendukung 4 pilar tersebut melalui serangkaian program kerja, yaitu berupa fasilitasi penguatan produk dan kapasitas SDM melalui pelatihan pengembangan produk dan kemasan, pengelolaan keuangan, kewirausahaan, branding, dan sertifikasi halal.

Lebih lanjut Wamendag mengatakan, Kemendag juga memfasilitasi akses pasar produk UMKM melalui kemitraan dengan pelaku usaha besar (ritel, grosir) serta promosi dan pameran. Selain itu, Kemendag memfasilitasi akses digitalisasi melalui pelatihan perdagangan melalui sistem elektronik dan kemitraan dengan platform digital, seperti niaga elektronik.

Kehadiran program pemberdayaan UMKM seperti Kejar Mimpi Lokal Berdaya yang diinisiasi CIMB ini diharapkan dapat mendukung UMKM lokal untuk belajar, berbagi, dan berkoneksi, sehingga dapat terus berkembang dan berdaya. (Red)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>