Diancam Akan Dihancurkan, Warga Palestina Terpaksa Bongkar Rumahnya Sendiri


Ilustrasi. Puing-puing bangunan yang hancur akibat serangan udara Israel, di Kota Gaza. (AP)

AKTUALITAS.ID – Seorang warga Palestina bernama Sur Baher bernama Ayman Awad menghancurkan rumahnya sendiri di dekat Yerusalem Timur, dilansir Al Jazeera, Minggu (3/12), atas perintah pasukan Israel.

Warga setempat mengatakan pihak berwenang Israel memberinya ultimatum untuk merobohkan rumahnya sendiri. Jika menolak, Israel mengancam akan menghancurkan rumah tersebut.

Media Palestina Wafa mengatakan warga tersebut juga diminta membayar biaya yang mahal, jika memilih opsi terakhir.

Warga Palestina di Yerusalem Timur sering kali diancam dengan pembongkaran rumah oleh Israel, karena dianggap membangun tanpa izin.

Tahun ini pihak berwenang Israel telah menghancurkan lebih dari 600 rumah di Tepi Barat dan Yerusalem Timur yang diduduki, dengan dalih tersebut.

Sampai saat ini, pasukan Israel masih terus memperluas serbuan darat di seluruh wilayah Jalur Gaza.

Juru bicara Pasukan Pertahanan Israel (International Defense Forces/IDF) menyebut pihaknya memperluas operasi militer di Gaza, untuk menumpas kelompok Hamas.

“IDF melanjutkan dan memperluas operasi darat terhadap kelompok Hamas di seluruh Jalur Gaza,” kata Hagari, Minggu (3/12).

Sejak agresi Israel dilanjutkan usai gencatan senjata berakhir pada Jumat (1/12) lalu, pasukan militer Israel mulai menggempur lagi Gaza habis-habisan.

Kali ini serangan bukan cuma menyasar utara Gaza, namun mulai beralih ke wilayah selatan terutama di kota Khan Younis.(RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>