Dinkes Kabupaten Kediri Laporkan Ada 255 Orang Penderita HIV/AIDS Tahun 2023


Ilustrasi. Foto HIV/AIDS (ist)

AKTUALITAS.ID – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kediri mencatat ada sebanyak 255 kasus penderita HIV/AIDS pada tahun 2023.

Jumlah tersebut bertambah dibanding tahun 2022 sebelumnya tercatat sebanyak 238 kasus.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kediri, Bambang Triyono Putro mengatakan, bertambahnya kasus itu menggambarkan bahwa HIV/AIDS masih menjadi masalah kesehatan di masyarakat.

“Dan memang perilaku berisiko yang menjadi sumber penularan terutama pada populasi umum,” jelas Bambang saat dikonfirmasi, Senin (4/12/2023).

Bambang menjelaskan, perilaku berisiko tersebut menjadi faktor penularan HIV/AIDS, sehingga menyebabkan kasus bertambah.

Ia menuturkan, orang dengan HIV/AIDS tertular karena mayoritas bergonta-ganti pasangan dalam melakukan hubungan seksual serta tidak menggunakan alat kontrasepsi.

Penggunaan jarum suntik yang bergantian dengan orang lain juga memungkinkan penularan kepada orang dengan HIV/AIDS. Bambang menyampaikan, HIV masih menjadi masalah kesehatan di masyarakat sehingga perlunya prinsip pencegahan menghindari perilaku berisiko.

“Perlu peran serta seluruh lapisan masyarakat mulai dari pemerintah, tenaga kesehatan, lembaga masyarakat, dan seluruh komunitas untuk bergerak bersama menuju ending AIDS 2030,” jelasnya. 

Bambang juga menyebut, Dinkes Kabupaten Kediri telah melakukan berbagai upaya pencegahan dengan melakukan edukasi kepada masyarakat terkait bahaya virus HIV. Selanjutnya, pihaknya juga melakukan upaya screening HIV pada ibu hamil dan komunitas yang dapat dilakukan oleh semua fasilitas pelayanan kesehatan yang ada di Kabupaten Kediri .

“Replikasi layanan PDP yang mampu melakukan pengobatan HIV, serta tentunya menyiapkan logistik untuk pemeriksaan, pemantauan, serta pengobatan HIV/AIDS,” pungkasnya.  (RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>