Jangan Pijat Kretek Sembarangan, Ini Penjelasan Dokter


Ilustrasi. Pijat kretek (IST)

AKTUALITAS.ID – Akhir-akhir ini, terapi kretek tulang cukup populer di media sosial. 

Dalam istilah medis, terapi kretek tulang disebut juga dengan nama chiropractic.

Chiropractic adalah prosedur manipulasi terhadap tulang belakang yang dipercaya bisa membuat tulang belakang menjadi lebih rileks dan lentur.

Dikenal dengan sebutan pijat kretek, lantaran praktik pada terapi ini akan menghasilkan bunyi ‘kretek’ pada tulang.

Lantas, adakah bahaya jika seseorang menggunakan pijat kretek sebagai pengobatan alternatifnya?

Spesialis ortopedi dan traumatologi, dr Noha Roshadiansyah Soekarno Sp OT mengatakan, menggunakan pijat kretek bisa memiliki risiko, terutama jika teknik atau tekanan yang diterapkan tidak sesuai. 

“Terapi yang tidak tepat dapat memperburuk keadaan persendian atau menyebabkan cedera tambahan. Apalagi dilakukan oleh orang yang tidak terlatih, serta melakukan klaim pasti sembuh,” katanya.

Dokter  Noha menjelaskan, ada beberapa macam bahaya yang mengancam seseorang, apabila menggunakan pijat kretek dengan seseorang yang bukan ahlinya. Antara lain:

1. Cedera persendian lebih lanjut, iritasi kulit atau reaksi negatif terhadap bahan yang digunakan dalam proses pijatan.

2. Penundaan terhadap pemeriksaan dan pengobatan oleh dokter. Misalnya, sakit yang serius jadi makin sulit ditangani bila sudah terlambat.

3. Jika terlalu sering dilakukan, maka khawatir akan mengubah posisi atau struktur bagian ortopedi.

Dokter Noha menambahkan, apabila seseorang mengalami gangguan pada bagian ortopedinya, maka diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter. Maka nantinya, akan diketahui tindakan atau pengobatan apa saja yang harus dilakukan.

“Yang utama adalah penegakan masalah dulu, dokter perlu melalukan pemeriksaan fisik, dan bila diperlukan ronsen dan penunjang lainnya,” jelasnya. (IYAN KUSUMA / RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>