Urai Kepadatan, Ruas Tol Jakarta-Cikampek Kembali Berlakukan Contraflow 


Ilustrasi. Pemberlakuan Contraflow di tol Jakarta - Cikampek. (Dok: Antara)

AKTUALITAS.ID – PT Jasamarga kembali menerapkan contraflow di jalan tol Jakarta-Cikampek pada Minggu (24/12/2023) pagi.

Contraflow dilakukan untuk mengurai kepadatan arus kendaraan yang terus bergerak meninggalkan Jakarta untuk merayakan libur Natal dan Tahun Baru 2024.

“Contraflow diterapkan atas diskresi kepolisian sejak pukul 8.20 WIB,” kata

VP Corporate Secretary and Legal PT Jasamarga Transjawa Tol Ria Marlinda Paalo, dalam keterangannya di Cikampek, Kabupaten Karawang, Jabar, Minggu (24/12/2023).

Contraflow diterapkan satu lajur dari KM 55 sampai KM 65 ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi peningkatan volume lalu lintas

Ria menambahkan, pada musim libur Natal dan tahun baru ini PT Jasamarga Transjawa Tol juga mengoptimalkan pelayanan transaksi di Gerbang Tol Cikampek Utama dengan mengoperasikan total 18 gardu tol dari kondisi normal 15 gardu tol.

Selain itu dilakukan penyiagaan tambahan 16 unit “mobile reader” untuk meningkatkan kapasitas transaksi.

Hal tersebut dilakukan untuk menjaga arus lalu lintas di jalan Tol Jakarta-Cikampek yang menuju arah jalan Tol Cipali agar tetap lancar pada musim libur Natal dan tahun baru.

Sebelumnya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 53 ribu kendaraan meninggalkan Jakarta melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek dari Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama, Jawa Barat, pada H-2 Natal atau Sabtu 23 Desember 2023.

Arus lalu lintas kendaraan di pintu tol Cikampek Utama berjalan lancar di kedua arah, baik yang keluar Jakarta menuju Palimanan maupun arah sebaliknya.

Hingga pukul 20.29 WIB tercatat sebanyak 53.490 kendaraan melewati GT Cikampek Utama menuju Palimanan. Sementara kendaraan yang masuk menuju Jakarta tercatat sebanyak 19.772 kendaraan. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>