Manfaat Konsumsi Bengkuang Saat Hamil, Diyakini Bisa Bikin Kulit Bayi Putih


Ilustrasi. Konsumsi Bengkuang,(ist)

AKTUALITAS.ID – Orang tua mana yang tidak bahagia, ketika melihat bayi yang dilahirkannya sehat dan normal.

Lebih bahagia lagi, ketika melihat kulit bayi terlihat bersih dan cerah. Meskipun faktor genetis menjadi salah satu penentu warna kulit bayi, namun orangtua yang memiliki kulit gelap tidak perlu berkecil hati.

Hal tersebut karena setidaknya mereka juga bisa melahirkan bayi yang berkulit bersih. Agar kulit bayi putih atau bersih saat dilahirkan, orangtua harus menjaga asupan nutrisi selama kehamilan berlangsung.

Tidak heran jika ibu hamil mencoba berbagai jenis makanan untuk memastikan kelahiran bayi mereka nanti membawa kecantikan kulit.

Salah satu makanan yang banyak dipercaya memiliki efek positif pada kulit bayi adalah bengkuang. Apakah bengkuang benar-benar memiliki manfaat untuk kulit bayi? 

Berikut adalah fakta dan manfaat yang terkait dengan konsumsi bengkuang.

1. Kandungan bengkuang

Bengkuang diketahui mengandung serat, vitamin C, dan air. Nutrisi-nutrisi ini diyakini dapat mendukung mikrobioma usus, kesehatan kulit, dan secara keseluruhan memberikan kontribusi positif pada kesehatan bayi. Sehingga, konsumsi bengkuang dapat menjadi salah satu cara untuk mencapai kulit bayi yang putih dan bersih.

2. Bengkuang ampuh lawan stresor

Vitamin C yang terkandung dalam bengkuang tidak hanya membantu penyerapan zat besi dari makanan nabati, tetapi juga berperan sebagai antioksidan. Hal ini dapat membangun ketahanan bayi terhadap stresor dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

3. Bisa dijadikan menu MPASI

Ketika bayi mencapai usia enam bulan dan memulai makanan pendamping ASI (MPASI), bengkuang dapat dijadikan sebagai salah satu menu pendamping. Namun, perlu diperhatikan langkah-langkah dalam pembuatannya agar sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan bayi.

4. Bengkuang bantu melancarkan pencernaan

Bukan hanya untuk kulit, bengkuang juga memberikan manfaat pada sistem pencernaan bayi. Serat dan cairan dalam bengkuang dapat mendukung pencernaan yang lancar dan mempermudah buang air besar pada bayi.

5. Kaya serat 

Bengkuang mengandung serat prebiotik yang disebut insulin. Serat ini berperan dalam mendukung pertumbuhan bakteri sehat di usus bayi. Namun, sebelum memberikan bengkuang pada bayi, konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli kesehatan untuk memastikan keamanan dan kesehatan optimal.

Dengan demikian, konsumsi bengkuang memang dapat memberikan manfaat positif pada kulit dan kesehatan bayi. Namun, perlu diingat untuk selalu berkonsultasi dengan ahli kesehatan sebelum memasukkan bengkuang ke dalam menu bayi, guna memastikan bahwa hal tersebut sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan anak. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>