Jokowi Ajak Pengusaha Vietnam Investasi di IKN


Presiden Joko Widodo. (BPMI Setpres)

AKTUALITAS.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang para pengusaha Vietnam untuk berinvestasi di Ibu Kota Nusantara (IKN). Ajakan ini disampaikan Jokowi dalam pertemuan dengan para pengusaha Vietnam di Hotel Melia Hanoi pada Sabtu (13/1/2024).

“Saya mengundang Bapak dan Ibu sekalian untuk berinvestasi di IKN sesuai dengan keahlian masing-masing perusahaan,” kata Jokowi, dikutip dari siaran Youtube Sekretariat Presiden.

Jokowi juga ters mendorong peningkatan kerja sama antara Indonesia dan Vietnam guna mencapai visi bersama menjadi negara berpendapatan tinggi pada 2045. Untuk mewujudkannya, diperlukan kolaborasi yang kuat, termasuk di sektor bisnis.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga menjelaskan bahwa Indonesia memiliki potensi besar dalam bursa karbon dengan nilai lebih dari US$ 200 miliar.

Terkait investasi produsen mobil listrik VinFast di Indonesia, Jokowi berharap agar target produksi pada tahun 2026 dapat segera terlaksana.

“Kami berharap VinFast juga dapat bekerja sama dengan pengusaha dan peneliti di Indonesia,” lanjutnya.

Dalam rencana pengembangan kawasan termasuk infrastruktur bandara dan pariwisata di Indonesia, Jokowi berharap agar kerja sama antara Indonesia dan Sovico Group Vietnam dapat segera terlaksana. Selain itu, ia mendorong peningkatan jumlah penerbangan maskapai VietJet menuju sejumlah destinasi super prioritas Indonesia seperti Labuan Bajo, Mandalika, Likupang, Borobudur, dan Danau Toba.

Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut didampingi oleh sejumlah menteri, termasuk Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri BUMN Erick Thohir, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Gandi Sulistiyanto, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Duta Besar Indonesia untuk Vietnam Denny Abdi. [Yan Kusuma/Rafi]

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>