Survei LSI Denny JA Sebut Elektabilitas Prabowo-Gibran Melesat di Dapil Jabar 7


LSI Denny JA

AKTUALITAS.ID – Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyebutkan elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka melesat di wilayah DPR RI Dapil Jawa Barat 7.

Direktur Eksekutif Citra Komunikasi LSI Denny JA, Toto Izul Fatah, mengatakan di Jabar 7 yang meliputi Karawang, Bekasi dan Purwakarta, elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran melesat meninggalkan calon presiden lainnya di Dapil Jabar 7.

“Sesuai dengan hasil survei terbaru pada 12-22 Januari 2024, elektabilitas Prabowo mencapai 64,8 persen,” kata Toto di Kabupaten Karawang, Senin (29/1/2024). 

Kondisi itu cukup jauh meninggalkan calon presiden dan wakil presiden lainnya, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar serta Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies-Muhaimin mencapai 19 persen, dan pasangan Ganjar-Mahfud hanya mencapai 7,8 persen.

Menurutnya, dari sejumlah survei Dapil yang dilakukan LSI Denny JA, elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 ini memang tertinggi di seluruh Jawa Barat.

Di antara faktornya, kata dia, bisa jadi karena wilayah Jabar sudah lama menjadi lumbung suara partai Gerindra dan calon presiden Prabowo mendulang suara tertinggi sejak 2019.

“Posisi elektabilitas pasangan calon 02 ini bisa jadi karena faktor saling sumbang antara kekuatan personal Prabowo dan pesona Dedi Mulyadi (kader baru Partai Gerindra). Pada bagian tertentu, Prabowo menyumbang elektabilitas Dedi Mulyadi, dan pada bagian tertentu Dedi ikut mendongkrak elektabilitas Prabowo,” kata Toto.

Survei yang dilakukan pada periode 12-22 Januari 2024 itu menggunakan metode standar ‘multistage random sampling’ dan melalui wawancara tatap muka dengan jumlah responden 600 orang serta margin of error 4,1 persen. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>