Polda Metro: 7.791 Pelanggar Ditindak di Hari Keenam Operasi Keselamatan Jaya 2024


Ilustrasi. Kawasan Tilang elektronik. (Antara)

AKTUALITAS.ID – Dalam rangka menekan angka kecelakaan dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kepatuhan terhadap peraturan lalu lintas, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menggelar Operasi Keselamatan Jaya 2024. Hingga hari keenam operasi, sebanyak 7.791 pelanggar lalu lintas berhasil ditindak melalui sistem tilang elektronik (ETLE), baik statis maupun mobile.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi, dalam keterangannya mengungkapkan bahwa penindakan ini meliputi berbagai jenis pelanggaran, di antaranya adalah melawan arus sebanyak 1.956 kasus, melanggar marka jalan (431 kasus), tidak menggunakan sabuk pengaman (4.223 kasus), tidak mengenakan helm saat berkendara (1.050 kasus), menggunakan ponsel saat berkendara (62 kasus), dan melebihi batas kecepatan (69 kasus).Selain penindakan, petugas di lapangan juga memberikan teguran simpatik kepada 11.153 pelanggar sebagai upaya edukatif.

“Operasi Keselamatan Jaya 2024 bukan hanya tanggung jawab Polri saja, melainkan tanggung jawab bersama demi keselamatan kita semua,” ujar Ade Ary Syam Indradi.

Operasi Keselamatan Jaya 2024 diselenggarakan selama 14 hari, dari tanggal 4 hingga 17 Maret 2024, dengan mengerahkan 2.939 personel gabungan. 

Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Suyudi Ario Seto, yang memimpin apel di Lapangan Presisi Ditlantas Polda Metro Jaya, menyatakan bahwa operasi ini merupakan bentuk kepedulian Polda Metro Jaya dalam mengurangi angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas. 

“Kunci utama dalam mengurangi angka kecelakaan dan pelanggaran adalah dengan meningkatkan kesadaran berlalu lintas yang baik di masyarakat,” tutur Suyudi.

Operasi Keselamatan Jaya 2024 bertujuan untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat di bidang lalu lintas dengan pendekatan yang edukatif, persuasif, dan humanis. 

Melalui operasi ini, Polda Metro Jaya berharap dapat menciptakan lingkungan lalu lintas yang aman, tertib, dan lancar, sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kepatuhan terhadap peraturan lalu lintas. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>