BKN Sebut 2.505 ASN Siap Pindah ke IKN pada Agustus Tahun Ini


Ilustrasi. Aparatur Sipil Negara (ASN)

AKTUALITAS.ID – Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengungkapkan langkah konkret dalam persiapan pemindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) ke ibu kota negara (IKN) Nusantara mulai Agustus 2024. Dalam konferensi pers “Persiapan ASN Menuju IKN” yang digelar di Jakarta, Plt Kepala BKN, Haryomo Dwi Putranto, menyoroti pentingnya penilaian kompetensi untuk memprioritaskan pemindahan ASN.

“Pada prinsipnya, mereka semua akan pindah, tetapi karena ada skala prioritas, yang utama adalah memenuhi syarat untuk bisa dipindahkan berdasarkan penilaian kompetensi oleh BKN,” ungkap Haryomo.

Dari data yang disampaikan, 25 instansi terlibat dengan jumlah total 2.505 ASN yang diajukan untuk pindah ke IKN. Kementerian PUPR menjadi instansi dengan jumlah ASN terbanyak yang akan dipindahkan, yakni 321 orang, diikuti oleh Kementerian Sekretariat Negara dengan 254 ASN, Kemenkumham dengan 247 ASN, dan lainnya.

Sementara itu, untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia (SDM) di Otorita IKN, BKN telah memproses 55 ASN dari 24 instansi untuk dimutasikan ke Otorita IKN. Ini merupakan bagian dari upaya mengoptimalkan struktur organisasi Otorita IKN agar dapat berfungsi maksimal dalam mendukung pelaksanaan tugasnya.

Dengan skema mutasi, penugasan PNS, rekrutmen PPPK, dan pengangkatan jabatan pimpinan tinggi (JPT), total ada 247 ASN yang saat ini bertugas di Otorita IKN. 

Hal ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam memastikan bahwa IKN memiliki sumber daya yang berkualitas dan memadai untuk menjalankan tugasnya dengan efektif.

Dengan demikian, langkah-langkah yang telah diambil oleh BKN dan instansi terkait menunjukkan upaya serius dalam mempersiapkan pemindahan ASN ke IKN Nusantara serta memastikan kualitas sumber daya yang dibutuhkan untuk mendukung berbagai aktivitas di IKN.  (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>