Anies Siapkan Gugatan Pilpres 2024 ke MK, Tim Hukum Sudah 100% Siap


Capres 01 Anies Baswedan (Dok: AP Photo)

AKTUALITAS.ID – Calon Presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, masih menantikan dengan tegang pengumuman hasil Pilpres 2024 dari Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dalam sebuah pernyataan kepada wartawan di Jakarta Selatan, Anies mengonfirmasi bahwa timnya siap mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait hasil pilpres yang akan diumumkan.

“Kami akan menunggu keputusan resmi dari KPU, dan setelah itu kami akan memutuskan langkah selanjutnya,” kata Anies kepada wartawan di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, Selasa malam (19/3/2024).

Ketua Tim Hukum Nasional Anies-Muhaimin (THN AMIN), Ari Yusuf Amir, juga memberikan jaminan bahwa timnya telah sepenuhnya siap untuk mengajukan gugatan ke MK. Dengan keyakinan penuh, Ari menyatakan bahwa semua bukti yang diperlukan telah dikumpulkan dan disiapkan untuk diuji oleh MK.

“Alhamdulillah, tim kami sudah siap 100%. Kami telah menyelesaikan semua persiapan untuk menghadapi proses hukum yang akan datang,” ungkap Ari saat dikonfirmasi, Senin.

Selain itu, dalam menjawab langkah-langkah yang diambil oleh pihak lawan, Ari mengungkapkan bahwa timnya juga memiliki saksi-saksi kunci yang siap memberikan kesaksian di MK. Namun, ia memilih untuk merahasiakan identitas para saksi tersebut.

“Saksi-saksi penting kami sudah disiapkan dengan matang. Mereka akan hadir di MK untuk memberikan bukti-bukti yang diperlukan dalam persidangan,” tambah Ari.

Sementara itu, perhitungan resmi oleh KPU untuk rekapitulasi hasil pemilu nasional telah dijadwalkan akan diumumkan hari ini. Pasangan Prabowo-Gibran memimpin perolehan suara di sebagian besar provinsi, namun pasangan Anies-Muhaimin berhasil memenangkan dua provinsi kunci, Sumatera Barat dan Aceh.

Dengan persiapan yang matang dari kedua belah pihak, proses hukum terkait hasil Pilpres 2024 diprediksi akan menjadi sorotan utama dalam beberapa waktu ke depan, menambah ketegangan politik di tanah air. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>