MK Siap Dengarkan Keterangan Saksi dan Ahli di Sidang Sengketa Pilpres 2024 Besok


Ilustrasi. Gedung Mahkamah Konstitusi (IST)

AKTUALITAS.ID – Sidang lanjutan perselisihan hasil pemilihan umum atau sengketa hasil Pilpres 2024 akan kembali digelar besok, Rabu (3/4/2024), di Mahkamah Konstitusi. Agenda sidang tersebut adalah mendengarkan keterangan saksi dan ahli dari pihak termohon, yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Suhartoyo menyatakan, “Untuk kegiatan besok, Mahkamah akan menjadwalkan untuk mendengar keterangan saksi dan ahli dari termohon dan Bawaslu.” 

Ia juga mengimbau para pemohon, yaitu pasangan calon presiden Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud, untuk hadir dalam sidang tersebut.Ketua KPU Hasyim Asy’ari juga mengonfirmasi bahwa pihak KPU akan menghadirkan sejumlah saksi dan ahli.

“Rencananya satu orang ahli dan satu orang saksi,” ujarnya. Sementara itu, pihak Bawaslu mengajukan dua ahli dan tujuh saksi untuk memberikan keterangan dalam sidang lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) tersebut.

Sidang lanjutan PHPU ini dijadwalkan akan dimulai pada pukul 08.00 WIB. Sebelumnya, sidang lanjutan PHPU dengan agenda yang sama sudah digelar pada Senin dan Selasa, dengan mendengarkan saksi dan ahli dari kedua pihak pemohon. 

Hal ini menunjukkan upaya serius dari Mahkamah Konstitusi dalam menangani sengketa hasil Pilpres 2024 dengan cermat dan transparan. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>