TKN Ungkap Perkembangan Pembentukan Kabinet untuk Kepresidenan 2024


Budiman Sudjatmiko, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) untuk pasangan Prabowo-Gibran. (ist)

AKTUALITAS.ID – Budiman Sudjatmiko, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) untuk pasangan Prabowo-Gibran, mengungkapkan bahwa penyusunan kabinet untuk Presiden dan Wakil Presiden terpilih dari Pemilihan Presiden 2024, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, masih dalam tahap diskusi informal.

“Masih berlangsung diskusi informal dan sesi perbincangan,” ujar Budiman ketika ditemui di luar kediaman Prabowo Subianto di Jakarta pada hari Rabu.

Dia menekankan bahwa susunan kabinet merupakan hak prerogatif Prabowo, yang didiskusikan bersama Gibran. Saat ini, Prabowo sedang mengumpulkan informasi dan sudut pandang dari berbagai pihak untuk menentukan susunan kabinet terbaik.

Selain berkonsultasi dengan Gibran, Budiman menyebut bahwa Prabowo juga akan mencari masukan dari berbagai pihak yang mendukungnya dalam Pemilihan Presiden 2024 mengenai komposisi kabinet.

Selain itu, dia tidak menutup kemungkinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjadi penasihat khusus dalam kabinet Prabowo.

“Menurut saya, Presiden Jokowi memiliki kapasitas untuk itu, tetapi pada akhirnya, keputusannya ada pada Prabowo,” ujarnya.

Sebagai dewan pakar, Budiman menegaskan bahwa mereka tidak membahas komposisi kabinet Prabowo, melainkan fokus pada berbagai program yang akan dijalankan Menteri Pertahanan Indonesia saat menjadi Presiden pada Oktober 2024 dan dalam kabinet berikutnya.

Program-program tersebut, katanya, sebagian besar merupakan kelanjutan dari inisiatif Presiden Jokowi, seperti hilirisasi, digitalisasi, dekarbonisasi, optimalisasi dana desa, dan pengembangan sumber daya manusia, termasuk program makan siang gratis.

Selain itu, Budiman menyoroti penguatan program geopolitik yang akan menjadi ciri khas pemerintahan Prabowo untuk lima tahun ke depan, terutama terkait strategi turunan dari prinsip politik bebas aktif.

“Apakah itu membangun multikulturalisme, menjaga keseimbangan dan perdamaian global, atau meredakan ketegangan minimal di Indo-Pasifik, hal-hal tersebut akan menjadi kekuatan Prabowo,” tambah Budiman.

Sebelumnya, Gibran Rakabuming Raka, Wakil Presiden terpilih dari Pemilihan Presiden 2024, menyatakan bahwa Prabowo akan menentukan susunan kabinetnya, dengan masukan dari Presiden Joko Widodo.

“Prabowo yang akan menentukan, ya. Mungkin Jokowi akan memberi masukan, tetapi keputusannya ada pada Prabowo,” kata Gibran setelah menghadiri pertemuan dan buka puasa bersama di Kuningan, Jakarta, pada hari Senin (25/3).

Meskipun Prabowo menentukan susunan kabinet, Gibran mengakui bahwa dia juga akan dilibatkan dalam diskusi untuk membentuk pemerintahan mendatang.

“Tentu akan dilibatkan. Sudah lama dibahas sejak dulu,” tambahnya. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>