Data NHS Ungkap Perawatan Anak Akibat Vape Meningkat Drastis di Inggris


Ilustrasi. Penggunaan Vape . (ist)

AKTUALITAS.ID – Data baru dari Layanan Kesehatan Nasional (NHS) Inggris mengungkapkan lonjakan dramatis dalam perawatan anak-anak akibat penggunaan vape dalam empat tahun terakhir, dengan jumlah pasien rawat inap meningkat hingga 733 persen sejak 2020. 

Menurut laporan yang diterbitkan oleh The New York Post pada Senin (22/4/2024), kasus perawatan anak-anak akibat gangguan vape telah mencapai titik tertinggi pada tahun 2023, dengan 50 pasien anak yang dirawat di rumah sakit, termasuk 11 balita di bawah usia empat tahun.

Meskipun rokok elektrik juga menjadi perhatian, dengan peningkatan 276 persen dalam perawatan rumah sakit sejak 2020, hanya enam remaja yang membutuhkan bantuan medis pada tahun yang sama, tanpa adanya kasus anak prasekolah yang dirawat di rumah sakit akibat rokok elektrik.

Meskipun jumlah kasus anak yang dirawat inap akibat gangguan vape hanya menyumbang 6 persen dari total pasien selama periode tersebut, sekitar 14 persen dari total 365 pasien rawat inap adalah mereka yang berusia di bawah 19 tahun.

Data statistik juga mengungkapkan bahwa sejak tahun 2020, terjadi peningkatan yang signifikan dalam jumlah pasien anak-anak yang dirawat di rumah sakit akibat gangguan vape. Pada tahun 2020, 19 dari 97 pasien rawat inap adalah anak-anak, yang meningkat menjadi 457 pasien pada tahun 2022, termasuk lima anak, dan mencapai 50 anak pada tahun 2023.

Selain itu, laporan juga mencatat bahwa pasien perempuan akibat vape kini lebih banyak dirawat di rumah sakit, dengan peningkatan 57 persen dibandingkan dengan tahun 2023 dan 46 persen dibandingkan dengan tahun 2020.

Dengan lonjakan yang signifikan dalam kasus perawatan anak akibat penggunaan vape, ada kebutuhan mendesak untuk meningkatkan kesadaran dan edukasi tentang bahaya vape, khususnya di kalangan anak-anak dan remaja, serta mendorong langkah-langkah kebijakan yang lebih ketat untuk melindungi generasi muda dari dampak negatif kesehatan dari produk-produk rokok elektronik. (YAN KUSUMA/ARI WIBOWO)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>