Kisah Anak Perempuan Nabi Ibrahim yang Disebut di Alquran


Ilustrasi, Foto; Istimewa

Nabi Ismail dan Nabi Ishak merupakan dua putra Nabi Ibrahim yang paling dikenal umat Islam. Namun, Allah juga mengabadikan kisah mengenai anak perempuan Nabi Ibrahim.

Dalam buku Ensiklopedia Wanita Alquran karya Imad Hilali dijelaskan, keturunan Nabi Ibrahim yang tinggal di lembah Makkah adalah Nabi Ibrahim dan anak-anaknya yang berjumlah 12 orang laki-laki dan satu orang anak perempuan. Namanya adalah Sayyidah binti Madhadh Al-Jurhumi.

Di dalam Alquran, Allah SWT berfirman dalam Surah Ibrahim ayat 37: “Rabbana inniy askantu min dzurriyati biwaadin ghairi dzi zar’in inda baitika al-muharrami Rabbana liyuqimu as-shalaata faj’al af-idatan minannaasi tahwi ilaihim warzuqhum minatsamaraati la’allahum yasykurun,”.

Yang artinya: “Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati. Ya Tuhan kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezekilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur,”.

Dijelaskan bahwa, memang nama Sayyidah binti Madhadh Al-Jurhumi tidak disebutkan dalam ayat tersebut di Alquran Namun keberadaannya dalam doa yang dipanjatkan Nabi Ibrahim AS mengisyaratkan kuat mengenai keturunannya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>