Connect with us

Jabodetabek

Sabtu Pagi, Jakarta Masuk 4 Besar Kota dengan Polusi Udara Terburuk

Published

on

Ilustrasi. Suasana deretan gedung yang tersamar polusi di Jakarta Timur, Selasa (30/7/2024). . (Dok: ANTARA FOTO)

AKTUALITAS.ID – Pada Sabtu (19/10/2024) pagi, Jakarta menempati posisi keempat sebagai kota dengan kualitas udara terburuk di dunia. Berdasarkan data dari IQAir, indeks kualitas udara (AQI) di Jakarta mencapai angka 181, masuk dalam kategori “tidak sehat” dengan polusi udara PM2,5 mencapai 98,2 mikrogram per meter kubik. Konsentrasi ini setara dengan 19,6 kali nilai panduan tahunan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Partikel PM2,5 merupakan polutan udara berukuran sangat kecil yang bisa membahayakan kesehatan manusia, terutama kelompok yang sensitif. Dengan rentang PM2,5 di atas 100, kualitas udara dianggap tidak sehat bagi manusia, hewan, dan bahkan tanaman.

Meski demikian, pemerintah DKI Jakarta terus berupaya meningkatkan kualitas pemantauan udara di kota metropolitan ini. Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta telah meluncurkan platform pemantauan kualitas udara yang terintegrasi. Data dari 31 Stasiun Pemantau Kualitas Udara (SPKU) yang tersebar di berbagai titik di Jakarta kini dapat diakses publik melalui platform tersebut.

Platform ini menggabungkan data dari berbagai instansi seperti Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), World Resources Institute (WRI) Indonesia, serta Vital Strategies. Hal ini memungkinkan warga Jakarta untuk memantau kualitas udara secara lebih akurat dan real-time.

Kota-kota lain yang juga masuk dalam daftar dengan kualitas udara terburuk di dunia adalah Lahore, Pakistan (AQI 297), Kinshasa, Kongo (AQI 261), Delhi, India (AQI 252), dan Dhaka, Bangladesh (AQI 180).

Upaya terus dilakukan untuk menjaga kualitas udara yang lebih baik demi kesehatan dan kesejahteraan warga Jakarta. Dengan adanya pemantauan yang lebih canggih, diharapkan kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan juga semakin meningkat. (NAUFAL/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending