Kemenhub Akan Buka Jalur Baru di Puncak


AKTUALITAS.ID- Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdar), Budi Setiyadi, mengatakan, akan membuka jalur baru untuk menyelesaikan masalah kemacetan di Puncak, Jawa Barat (Jabar).

Menurutnya, jalur Puncak saat ini terus mengalami tingkat kemacetan yang parah, terlebih pada saat akhir pekan (weekend).

“Jadi terkait jalur puncak ya sebagaimana kita ketahui bersama, kan setiap Sabtu-Minggu kan pasti mengalami crowded. Puncaknya sekitar 3 minggu yang lalu kalau enggak salah, kemacetan agak sedikit panjang,” ujarnya di Merlynn Park Hotel, Jakarta, Rabu (31/7/2019).

Budi mengungkapkan, bahwa Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, telah memerintahkan untuk melakukan survei potensi untuk mengetahui penyebab dan solusi dari permasalahan kemacetan tersebut.

“Kita sudah melihat kepada pembangunan infrastruktur yang lain di sekitar Puncak 2 maupun Puncak 3. Saya sudah membentuk kerja sama dengan Kementerian PPUPR, hasil dari itu semua nanti akan kita lakukan rapat koordinasi,” katanya.

Budi menuturkan bahwa solusi yang paling tepat saat ini untuk menyelesaikan masalah kemacetan di jalur Puncak adalah dengan membuka jalur baru, sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan di satu titik jalur.

“Membuka Puncak 2 dan Puncak 3 itu yang dari Citeureup sama yang dari Jonggol. Jadi nanti mobil-mobil yang dari Jakarta mau ke arah Cianjur, tidak usah lewat Puncak,” katanya.

Namun, Budi mengakui untuk solusi jangka pendek memang dibutuhkan semacam rekayasa lalu lintas. Selain itu, juga dibutuhkan penataan terhadap traffic yang ada.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>